KUALA LUMPUR - Dua wakil berhasil memenangkan laga kualifikasi Turnamen Bulutangkis Malaysia Masters 2020 yang kini tengah berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia. Dua wakil tersebut adalah tunggal putri Ruselli Hartawan dan ganda putri Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Fadia/Ribka meraih tiket babak utama setelah menang dua game langsung atas Pooja Dandu/Sanjana Santosh (India) dengan skor 21-15, 21-10. Namun Ruselli dipaksa kerja keras dari babak kualifikasi oleh Pai Yu Po (Taiwan), pertandingan berakhir dengan skor 13-21, 21-14, 21-17 untuk kemenangan Ruselli.

“Di game pertama, saya tidak bisa mengatasi angin yang berubah di lapangan. Arah anginnya beda dengan waktu uji coba lapangan. Pada game kedua, saya ‘kalah angin’, jadi saya berusaha main bertahan dan tetap atur permainan. Di game penentuan, saya sudah lebih siap dengan arah angin di lapangan,” ujar Ruselli ketika diwawancara Badmintonindonesia.org.

Di babak utama, Ruselli sudah ditunggu oleh Yeo Jia Min. Pemain asal Singapura ini sempat mengalami cedera saat mengikuti SEA Games 2019 di Manila, Filipina. Namun Ruselli tetap akan mewaspadai Yeo.

“Jarak waktu dari SEA Games ke turnamen ini cukup jauh, jadi mungkin dia sudah pulih. Saya tetap harus siap dan tidak boleh lengah. Melawan dia, saya harus siap capek dan lebih fokus,” ucap Ruselli.

“Tahun ini saya ingin dapat hasil lebih baik dari pencapaian di tahun lalu. Setidaknya tembus rangking 20 besar dan dapat gelar juara,” tambah Ruselli.

Sementara itu, dua wakil harus terhenti dari babak kualifikasi. Tunggal putri Lyanny Alessandra Mainaky dikalahkan Qi Xuefei dari Perancis dengan skor 10-21, 15-21. Sedangkan ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika dikalahkan wakil tuan rumah, Man Wei Chong/Tan Pearly Kong Le, dengan skor 16-21, 17-21. ***