JAKARTA - Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) Garda Bangsa yang berlangsung di Hotel Bidakara, Jakarta 19-20 Januari 2017, membuahkan beberapa rekomendasi penting dalam upaya membesarkan organisasi sayap Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini kedepan. Kegiatan Muspimnas sendiri dihadiri seluruh utusan wilayah dari seluruh Indonesia.

Muspimnas yang mengusung tema 'Upaya menangkal radikalisasi dan terorisme #Simposium Deradikalisasi #Generasi Milenial dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Katib Aam PBNU KH. Kholil Yahya Stoquf dan pengamat terorisme Alchaidar serta sejumlah menteri dari PKB.

"Fenomena radikalisasi masih terus terjadi di Indonesia. Sepanjang 2016, telah terjadi sedikitnya 4 kali bom bunuh diri. Realitas kekinian menunjukkan bahwa kekerasan, intoleransi, radikalisme mengancam kebhinekaan dan demokrasi kita," kata Ketua Umum DKN Garda Bangsa Cucun A Syamsurijal.

Muspimnas Garda Bangsa ini menghasilkan dua rekomendasi yakni, pertama, konsolidasi dan restrukrisasi pengurus sampai ke tingkat bawah. Kedua, memberdayakan badan-badan struktural yang ada di Garda Bangsa seperti Garda Santri, Garda Tanggap Bencana, Garda Anti Narkoba dan Zat Adiktif (GANAZ), Garda Cantik dan lain sebagainya.

Sekretaris Carataker DKW Garda Bangsa Riau Raja Ferza Fakhlevi yang hadir dalam Forum Musmpinas ini mengatakan, tujuannya untuk memperkuat dan menambah basis pemilih PKB di Pemilu 2019 mendatang.

Levi juga menyampaikan beberapa gagasan di hadapan kader Garda Bangsa se-Indonesia terkait pentingnya menjaga soliditas dan solidaritas diinternal organisiasi.

"Kita tidak lagi bicara konflik internal Garda, tetapi yang paling penting tugas kita adalah bergerak memperluas jaringan eksternal terutama pemilih pemula. Sentuh mereka secara persuasif, karena Garda punya segudang cara," sampai pria asal Sungai Guntung itu.

Khusus DKW Garda Bangsa Riau, Fakhlevi mengatakan pihaknya selalu berupaya untuk proaktif terhadap apapun yang menjadi garis kebijakan PKB. Hal ini juga tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Ketua DPW PKB Riau Abdul Wahid dan Sekretaris DPW Ade Agus Hartanto.

Baca Juga: Garda Bangsa Gelar Aksi Sosial Santuni Anak Panti. Asuhan Ar Rahim

Rombongan Garda Bangsa Riau sendiri hadir dalam Muspimnas, Ketua Carataker DKW Riau Arif Nugroho , Sekretaris Raja Ferza Fakhlevi dan Komando Garda Bangsa Abdul Fatah. ***