PASIR PENGARAIAN, GORIAU.COM - Open turnamen sepakbola Bangun Makati Cup III, Jumat (22/5/2015) resmi ditutup Wakil Bupati Rokan Hulu, Ir H Hafith Syukri MM di Lapangan Makarti Desa Rambah Utama Kecamatan Rambah Samo. Keluar sebagai juara SSB Garuda Pasirpengaraian setelah mengalahkan Persekab lewat drama adul tendangan pinalti.

Hadir pada pertandingan final tersebut Wakil Bupati Rohul Ir. H. Hafith Syukri MM, Ketua DPRD Rohul Nasrul Hadi ST.MT, Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono, Camat Rambah samo Irwandi serta ribuan masyarakat.

Pertandingan final turnamen sepakbola yang memperebutkan piala Wakil Bupati Rokan Hulu ini, berlangsung dalam tensi tinggi. Jual beli serangan hampir terjadi di sepanjang babak. Meski menghadapi klub Persekab yang berstatus sebagai juara dua kali berturut-turut, tidak menyurutkan mental pemain SSB Garuda yang hanya diperkuat pemain-pemain lokal.

Diawal babak pertama, SSB Garuda tampil menyerang dan penuh percaya diri, meski harus berjibaku dengan para pemain-pemain persekab yang banyak dihuni oleh mantan Bintang PSPS Pekanbaru, seperti Novet dan Edison.

Di menit ke-25, Persekab harus rela kebobolan setelah gelandang serang SSB Garuda, Amin dengan cerdik menyarangkan bola ke gawang Persekab setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Edi Purwanto.

Tendangan melengkung Amin berhasil bersarang di sudut kiri gawang Persekab dan tidak mampu di tahan kiper yang terhalang oleh para pemain bertahan Persekab.

Ketinggalan satu gol, pemain Persekab meningkatkan intensitas penyerangan. Sejumlah peluang tercipta namun belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Dewi fortuna pun akhirnya datang lewat umpan crossing pemain Persekab, mantan pemain PSPS Pekanbaru Novet, berhasil menanduk bola ke gawang SSB Garuda yang dikawal Doni pada menit ke-35, sehingga memaksa kedudukan menjadi 1-1.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23052015/wabubmenya-2242.jpgWakil Bupati Rokan Hulu, Hafith Syukri menyalami panitia pada partai final Makarti Cup III.Hingga babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta. Dibabak kedua, Persekab Ujungbatu kembali tampil menekan. Beberapa kali, pemain-pemain Persekab nyaris membuat gol namun berhasil digagalkan pemain bertahan dan kiper SSB Garuda.

Sesekali, SSB Garuda, melakukan serangan balik berbahaya namun mampu diantisipasi oleh pemain bertahan Persekab Ujungbatu. Hingga wasit meniupkan pluit panjang, Skor tidak berubah, sehingga pertandingan harus ditentukan dengan drama adul pinalti.

Dalam drama adu tendangan penalti, Persekab Ujungbatu mengirimkan lima eksekutor yaitu, Novet, Yudi, Randi, Idris dan Zulheri. Sementara SSB Garuda mengirimkan eksekutor muda mereka, Ramzi, Neman, Rozi, Econ dan Otong.

Dalam tendangan pinalti regular ini 3 dari 5 eksekutro kedua tim berhasil menyarangkan bola, sementara 2 pemain masing-masing tim gagal menyarangkan bola sehingga skor tendangan penalti sama kuat 3-3.

Belum ada pemenang, drama adu pinalti dilanjutkan, di babak penentuan, pemain Persekab Noval gagal menyarangkan bola ke gawang SSB Garuda. Kemenangan SSB Garuda akhirnya dipastikan setelah pemain SSB Garuda Perli berhasil menjebloskan bola ke gawang Persekab dan memastikan kemenangan untuk SSB Garuda 4-3, dan merebut gelar juara.

Dengan kemenangan tersebut, SSB Garuda berhak membawa pulang trofi Wakil Bupati Rohul serta uang tunai Rp 15 juta, yang diserahkan langsung oleh Ketua DPRD Rohul Nasrul Hadi ST.MT, sementara Persekab harus puas membawa pulang trofi juara 2 dan uang pembinaan Rp 10 juta.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/23052015/fit(1)jpg-2241.jpgWakil Bupati Rokan Hulu Hafith Syukri mengacungkan jempol sebelum pertandingan untuk memberi semangat kepada tim final dan Ketua DPRD Rokan Hulu Nasrul Hadi salam komando dengan panitia.Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Rohul Nasrul Hadi memberi apresiasi terhadap turnamen sepakbola ini. Dia berharap digelarnya turnamen ini bisa diikuti kecamatan-kecamatan lain, sehingga melahirkan pemain-pemain sepakbola handal asli Rokanhulu.

''Semoga dengan adanya turnamen sepakbola seperti ini, bisa menjadi cikal bakal lahirnya lahirnya pemain-pemain sepakbola Rohul, yang bisa membawa harum nama daerah di tingkat lokal, nasional dan juga internasional,'' tuturnya.

Wakil Bupati Rokan Hulu, Hafith Syukri pada penutupan turnamen juga berjanji akan menggelar turnamen yang lebih besar di tingkat kabupaten pada tahun-tahun berikutnya, guna menjadi sarana asah kemampuan pesepakbola Rokan Hulu. ''Kita akan usahakan turnamen rutin di Rokan Hulu yang diikuti oleh semua klub dan kecamatan. Sepabola adalah olahraga rakyat, jadi perlu mendapat perhatian kita semua,'' ujar Hafith Syukri.

Pada turnamen Bangun Makerti Cup KE III juga diserahkan penghargaan untuk top skor yang diraih Niko, pemain Peta Junior Ujungbatu. Sementara pemain terbaik diraih Amin, gelandang serang SSB Garuda Pasirpengaraian. ***