BENGKALIS - Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Deni Kurniadi menyerahkan 1 unit motor perpustakaan keliling, koleksi buku 165 judul, 330 eksemplar beserta 1 unit bok buku.

Bantuan diterima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis, H Suwarto, Jumat (31/1/2020).

Perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan perpustakaan umum yang mendatangi/mengunjungi pembacanya dengan menggunakan kendaraan, baik darat (mobil atau motor) maupun air (perahu).

Dengan kata lain, perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak dengan membawa bahan perpustakaan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh perpustakaan umum.

Adapun tujuan perpustakaan keliling tak lain untuk meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai ke daerah terpencil yang belum/tidak memungkinkan adanya perpustakaan permanen.

Kemudian membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan nonformal kepada publik luas, memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada publik, memperkenalkan jasa perpustakaan kepada publik dan meningkatkan minat baca dan mengembangkan cinta buku pada masyarakat.

Selanjutnya mengadakan kerja sama dengan lembaga masyarakat sosial, pendidikan, dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kemampuan intelektual dan kultural masyarakat.

Kepala Dispersip Bengkalis, Suwarto menambahkan, serah terima untuk keperluan perpustakaan keliling ini adalah bantuan (hibah). Bantuan diserahkan sebagaimana bentuk dan fungsinya harus diperuntukkan sebagai pelayanan perpustakaan kepada masyarakat dan tidak untuk keperluan.***