PEKANBARU - Kepala Seksi Wilayah I Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Sugito, akhirnya angkat bicara terkait adanya dugaan penyerangan binatang buas kepada warga di Kuantan Singingi yang saat ini viral di media sosial.

Setelah melakukan koordinasi dengan kepolisian setempat, Sugito membenarkan adanya peristiwa kematian salah seorang warga di Kuansing atas nama Wariso asal Desa Sungai Bawang.

Berdasarkan analisa sementara, tidak ada satupun bekas luka yang mengarah kepada penyerangan binatang buas. Sebab, tidak ada permukaan kulit yang robek.

"Kalau digigit ular, berarti ada dua lubang. Kalau digigit lebah, lubangnya hanya satu dan tidak mengeluarkan darah. Sementara kondisi korban, ada bintikan darah sebanyak 8 titik di leher bagian kanan dengan diameter 0,1 cm, tidak ada tanda-tanda kekerasan di tubuh korban," terangnya dalam rilis yang diterima GoRiau.com, Senin (6/12/2021).

Wariso sendiri ditemukan meninggal saat tengah berada di kebun karet miliknya, di Dusun Pasar Desa Sungai Langsat, Sabtu siang (4/12/2021). Saat itu, Wariso tak menjawab panggilan dari istrinya yang khawatir di rumah.

Sebelum berangkat ke kebun siang itu, Wariso dan istrinya juga sempat ke kebun untuk mengumpulkan getah karet yang sudah dideresnya selama tiga hari. Setelah makan siang, Wariso berangkat kembali ke kebun tanpa didampingi istrinya karena getah karet yang tersisa tinggal sedikit.

Namun, karena korban tak kunjung pulang hingga menjelang maghrib, istrinya langsung menyusul korban, dan istrinya menjumpai Wariso sudah dalam keadaan tidak bernyawa.

Istri korban langsung memberitahu warga sekitar dan pihak keluarga korban hadir di TKP, bersama-sama membawa korban ke Puskesmas Pangean untuk dilakukan visum.

Berdasarkan olah TKP yang dilakukan oleh tim identifikasi dari Polres Kuansing dan Anggota Polsek Pangean tidak ada ditemukan tanda-tanda kekerasan ditubuh korban

Pihak kepolisian tidak bisa memastikan penyebab kematian korban, karena pihak keluarga tidak bersedia dilakukan autopsi. Dan malam pasca kejadian, jenazah langsung dijemput oleh pihak keluarga. ***