DUMAI - Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Dumai, Riau, akan berlangsung pada tanggal 9 Mei hingga 12 Mei 2016 mendatang. UN SMP/MTs di Kota Dumai, diikuti 51 sekolah dengan jumlah peserta sebanyak 4.618 pelajar, serta 235 pengawas.

Pantauan GoRiau.com, Selasa (3/5/2016), soal ujian dan lembar jawaban UN tingkat SMP/MTs, sampai di Kantor Dinas Pendidikan Kota Dumai, Selasa (3/5/2016) sekitar pukul 13.00 WIB, dengan pengawalan ketat kepolisian.

Ujian dihari pertama yaitu Bahasa Indonesia. Hari berikutnya Matematika, dilanjutkan keesokkan harinya Bahasa Inggris dan hari terakhir Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

"Untuk SMP/MTs di wilayah Kecamatan Bukit Kapur, kita (Dinas Pendidikan Kota Dumai, red) serahkan sore ini di Mapolsek Bukit Kapur," ujar Ketua UN Kota Dumai, Misdiono kepada GoRiau.com, di ruang kerjanya.

Untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), jelasnya, ada tiga sekolah, yaitu SMPN 2 Dumai (253 peserta), SMPN Binsus Kota Dumai (151 peserta) dan SMPS Tarcisius Dumai (208 peserta).

"Untuk soal dan lembar jawaban cadangan, sekitar 2,5 persen. Karena biasanya seperti itu," ungkap Misdiono.

"Untuk itu kita ingatkan seluruh pelajar SMP dan MTs untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Belajar di rumah atau secara berkelompok, dengan membahas kumpulan soal yang sudah pernah diujikan sebelumnya," pesan Misdiono.***