SIAK SRI INDRAPURA, - Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Siak. Sekitar dua minggu lagi atau 12 Mei 2016 mendatang, angkutan umum Damri akan melayani warga di 7 kecamatan yang selama ini belum memiliki kendaraan umum dengan rute-rute tersebut. Sebanyak 3 unit bus Damri dari bantuan Kementrian Perhubungan segera beroperasi guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menyediankan sarana dan prasarana transportasi darat yang memadai.

Demikian kesimpulan pertemuan Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi dengan GM Damri wilayah Riau Surianto Boko di ruang kerja Bupati Siak, Selasa (3/5/2016).

Ikut hadir pada pertemuan itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Siak Syafrilenti, Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Siak Kaharuddin serta pejabat terkait lainnya.

GM Damri wilayah Riau Surianto Boko menjelaskan, 3 unit bus Damri itu akan melewati rute Siak-Kandis dengan melewati 7 kecamatan, diantaranya Siak, Mempura, Dayun, Koto Gasib, Tualang, Minas dan Kandis.

"Angkutan umum itu diperuntukan bagi masyarakat sebagai sarana angkutan umum, khususnya warga yang ingin menggunakan trasportasi lokal menuju ibukota kabupaten dan daerah lainnya," kata Boko.

Bupati Siak menyambut baik bantuan bus Damri itu. Apalagi, selama ini belum ada sarana transportasi darat dengan rute Kandis menuju Siak. Syamsuar berjanji untuk membenahi secara maksimal terminal-terminal yang ada, termasuk mendirikan terminal di Kecamatan Kandis.

"Dengan adanya bantuan ini dapat menjawab keluh kesah masyarakat, yang selama ini belum memiliki akses transportasi antar daerah ke ibukota kabupaten," kata Bupati.

Ke depannya, Bupati berharap ada akses untuk rute Siak-Sungai Pakning dan Dumai serta rute Bandara SSK II Pekanbaru menuju Siak. Pengoperasian bus Damri akan diresmikan 12 Mei mendatang, dimana Siak sebagai kabupaten pertama yang menerima bantuan bus tersebut.(rls)