SELATPANJANG - Festival Jung Titis di Pantai Beting Beras, Desa Kuala Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari Kepulauan Meranti, Tanjung Balai Karimun, Pelalawan dan Bengkalis. Festival tahunan ini sudah usai dilaksanakan. Dimana pemenang permainan masyarakat pesisir ini didominasi dari luar daerah.

Dalam perlombaan itu ada tiga kelas dipertandingkan, yakni kelas jung panjang, sedang dan kelas jung pendek. Untuk kelas jung panjang, juara 1, 2, dan 3 diraih oleh peserta dari Bengkalis, juara 4 diraih peserta dari Karimun, juara 5 kembali diraih oleh peserta dari Bengkalis, dan peringkat ke 6 diraih oleh tim dari tuan rumah, Kepulauan Meranti.

Kemudian untuk kelas jung sedang, juara 1 dan 2 diraih oleh peserta dari Pelalawan, juara 3, 4 dan 5 diraih peserta dari Bengkalis, dan peringkat terakhir diraih dari Kepulauan Meranti. Sedangkan untuk kelas jung pendek juara 1 diraih oleh peserta dari Pelalawan, juara 2, 3, 4 dan 5 diraih peserta dari Bengkalis dan peringkat ke 6 diraih oleh peserta dari Kepulauan Meranti.

Pergelaran event tersebut ditutup langsung oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Tengku Arifin, Selasa (2/4/2019) sore.

Dalam sambutannya, Tengku Arifin mengatakan kegiatan yang dilaksanakan berjalan dengan lancar dan terselenggara dengan baik.

"Alhamdulillah acara berjalan lancar, walaupun mungkin masih ada kekurangan, karena ini perdana di kabupaten Kepulauan Meranti dalam menyelenggarakan event ini, semoga tahun depan berjalan lancar dan lebih baik lagi," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain membangkitkan permainan tradisional masyarakat yang khawatirkan punah, event ini juga diharapkan bisa menjalin silaturahmi antar para pengemar.

"Diharapkan kita merajut tali silaturrahmi dengan adanya event ini. Apalagi ini berbeda propinsi antara Riau dan Kepulauan Riau," kata Tengku Arifin.

"Kedepannya, event ini akan kita kemas sebaik- baiknya, sehingga diharapkan masuk kedalam kalender event ditingkat Provinsi Riau. Tahun depan kita gabungkan dengan permainan layang - layang hias, dan kita harapkan semakin banyak peserta yang datang dari luar negeri seperti Malaysia. Selamat buat para juara, semoga permainan rakyat ini semakin berkembang," harapnya.***