PEKANBARU- Taekwondo Andalan Championship 2019 yang dilaksanakan dari tanggal 15-17 November 2019 di GOR Tribuana Pekanbaru resmi dibuka.

Ketua Panitia Taekwondo Andalan Championship, Andrio Loka Saputra menuturkan, bahwa kejuaraan ini merupakan iven pertama yang diadakan oleh Taekwondo Andalan.

"Ini iven pertama kita untuk andalan, dan alhamdulilah diikuti oleh lima provinsi yaitu Jambi, Sumatera Barat, Sumatara Utara, Riau dan Kepulauan Riau dengan total peserta 1.096 orang," kata Andrio di GOR Tribuana Pekanbaru, Jumat (15/11/2019).

Dikatakannya, iven ini rencananya akan dicanangkan setiap tahun, sebagai tambahan jam terbang atlet. "Karena setiap tahun untuk jam terbang para atlet, karena prestasi atlet itu dimulai dari iven-iven seperti ini," tambahnya.

Untuk kategori yang dipertandingkan yaitu cadet, pra junior, junior, dan senior. "Kita mempertandingkan kelas cadet, pra junior, dan senior," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Riau, Doni Aprialdi menyambut baik pagelaran iven yang digelar hari ini."Atas nama Gubernur Riau kami menyambut baik acara ini dan juga mengucapkan selamat datang kepada suruh atlet yang hadir di Pekanbaru," ujar Doni.

Ia mengatakan saat ini prestasi olahraga di Indonesia khususnya di Riau sangat membanggakan. "Yang terbaru, Riau baru saja menjadi juara Umum di Pekan Olahraga Wilayah atau Porwil yang digelar di Bengkulu beberapa waktu yang lalu. Ini sungguh prestasi yang luar biasa," tambahnya.

Untuk itu, ditambahkannya, hendaknya olahraga ini diikuti dan dilakukan pembinaan sejak usia dini. Karena bagaimanapun prestasi olahraga tak bisa diraih seketika. Namun secara bertahap dimulai dari belia, muda, remaja hingga dewasa.***