PASAMAN - Hujan deras yang melanda Sumatera Barat (Sumbar) sejak Senin (4/3/2019) hingga Selasa (5/3/2019) pagi, mengakibatkan jembatan lintas Sumatera yang berada di Jorong Ampang Gadang Nagari Panti Selatan, Kecamatan Panti, Kabupaten Pasaman, Sumbar, ambruk dan terputus.

Kondisi ini tentunya cukup mengganggu aktivitas warga lantaran jembatan tersebut merupakan akses utama dari Sumatera Barat menuju Sumatera Utara.

Dikutip dari trubus.id, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumatera Barat, Rumainur mengungkapkan, akibat putusnya jembatan ini, sejumlah kendaraan seperti bus, truk, mini bus, hingga sepeda motor motor tak dapat melintas.

“Jembatan terputus itu sejak semalam, karena hujan deras, kira-kira sekitar pukul 23.00 WIB,” demikian disampaikan Rumainur melalui keterangan resminya di Padang, Selasa (5/3/2019).

Lantaran putusnya jembatan ini, pengguna jalan yang ingin menuju Sumatera Utara terpaksa mengambil rute alternatif melalui Jalan Irigasi menuju Ampang Gadang.

Tapi berdasarkan informasi, jalur pengalihan tersebut hanya bisa dilewati kendaraan pribadi, sementara untuk bus dan truk masih belum bisa dilalui.

Dikatakan Rumainur, Dinas Pekerjaan Umum setempat telah turun ke lapangan guna melakukan perbaikan jembatan untuk kondisi darurat, agar dapat mengurai antrean kendaraan yang terjadi.

Sementara itu, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Minangkabau, Yudha Nugraha menyampaikan, kondisi saat ini cuaca hujan masih terjadi dengan intensitas sedang-lebat di daerah-daerah Sumatera Barat seperti di Kabupaten Agam, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang, Kota Pariaman, Kota Padangpanjang, dan Kabupaten Solok.

“Warga setempat diminta meningkatkan kewaspadaan juga karena bisa saja terjadi banjir selama curah hujan masih tinggi,” tandasnya. ***