PEKANBARU - Seorang laki-laki paruh baya berumur 57 tahun, yang menjadi penumpang Kapal RoRo KMP Mulia Nusantara dari Pelabuhan Air Putih (Bengkalis) menuju Pelabuhan Sungai Pakning (Bukitbatu), Rabu (8/1/2020), nekat meloncat ke laut dari atas kapal yang ditumpanginya, sekitar pukul 11.20 WIB.

Saksi mata yang juga kerabat korban menceritakan, bahwa korban berencana pergi ke Kota Dumai untuk melunasi hutangnya. Korban yang nekat melompat dari atas KMP Mulia Nusantara yang baru jalan sekitar 20 menit diketahui merupakan Aparatur Sipil Negaa (ASN) yang bekerja di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau.

Kepala UPT Penyeberangan, Fauzi mengatakan, bahwa aksi nekat Budiman itu terjadi saat KMP Mulia Nusantara baru berlayar sekitar 20 menit. Aksi Budiman ini langsung membuat heboh penumpang kapal.

"Karena ada penumpang yang melompat ke laut saat kapal sedang jalan, tentunya membuat penumpang dan crew kapal kaget. Seorang crew kapal pun langsung menghubungi KMP Swarna Putri yang juga belayar saat itu dari arah Sungai Selari menuju Bengkalis. Sebab posisi KMP Swarna Putri tidak jauh dari lokasi Budiman terjun ke laut," kata Fauzi.

Dikatakan Fauzi, crew KMP Swarna Putri langsung turun ke laut dan membawa pelampung menyelamatkan Budiman. Evakuasi yang dilakukan crew kapal berlangsung menegangkan dan menjadi tontonan penumpang kapal.

"Korban berhasil diselamatkan crew KMP Swarna Putri dan setelah itu dilarikan ke RSUD Bengkalis," ungkap Fauzi, dimana ketika dievakuasi korban dalam keadaan pingsan dan belum sadarkan diri. ***