JAKARTA - Partai Demokrat (PD) mendorong ketua umum (ketum) mereka Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berduet dengan Airlangga Hartarto di Pilpres 2024.

Namun Golkar menegaskan bahwa hasil munas Golkar 2019 menetapkan Airlangga sebagai capres. Berapa elektabilitas AHY dan Airlangga?

Berdasarkan catatan yang dilansir GoNews.co dari detikcom, Minggu (6/6/2021), AHY dan Airlangga masuk sebagai kandidat capres berdasarkan survei 3 lembaga berbeda. Di mana elektabilitas AHY selalu berada di atas Airlangga.

Berikut elektabilitas AHY dan Airlangga:

1. Survei Parameter Politik Indonesia

Survei teranyar dilakukan Parameter Politik Indonesia. Berdasarkan survei Parameter Politik Indonesia, yang dilakukan pada 23-28 Mei 2021, elektabilitas AHY sebesar 5,6 persen. Sedangkan Airlangga hanya 0,4 persen.

Survei Parameter Politik Indonesia dilakukan dengan metode telepolling menggunakan kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden dengan metode simple random sampling dari 6.000 nomor ponsel.

Ribuan nomor ponsel itu dipilih secara acak dari kerangka sampel yang ada, dan disesuaikan dengan proporsi populasi secara gender. Margin of error survei kurang-lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei ini, AHY berada di posisi ke-4 di bawah Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Prabowo bertengger di posisi puncak dengan elektabilitas 16,5 persen.

2. Survei Y-Publica

Lembaga survei Y-Publica juga melakukan survei elektabilitas kandidat capres 2024. Hasilnya, elektabilitas AHY sebesar 3,2 persen, sementara Airlangga 0,5 persen.

Berdasarkan hasil survei Y-Publica, AHY berada di peringkat delapan. AHY kalah jauh dengan Ganjar yang berada di posisi pertama dengan elektabilitas 20.2 persen.

Survei Y-Publica dilakukan pada 1-10 Mei 2021 terhadap 1.200 orang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Survei dilakukan melalui sambungan telepon kepada responden yang dipilih acak dari survei sebelumnya sejak 2018. Margin of error ±2,89 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

3. Survei Puspoll Indonesia

Hasil survei Puspoll Indonesia menyebutkan elektabilitas AHY lebih besar dibandingkan Airlangga. AHY berada di tempat ke-6 dengan elektabilitas 4,9 persen. Sedangkan Airlangga berada di posisi ke-15 dengan elektabilitas 1 persen.

Dikutip dari website resmi Puspoll Indonesia, Selasa (25/5/2021), survei dilakukan pada 20-29 April 2021 melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Total sampel 1.600 responden, margin of error 2,45 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan menggunakan metode penarikan sampel acak bertingkat, dengan memperhatikan urban/rural dan proporsional antara jumlah sampel dengan jumlah pemilih di setiap provinsi.***