TIMIKA - Teuku Tegar Abadi akhirnya berhasil menyumbang  medali emas bagi Kontingen Jawa Timur (Jatim) pada cabang olahraga atletik Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 yang digelar di arena atletik MSC, Mimika, Papua, Senin (11/10/2021). Di penampilan kedua di PON ini, Teuku Tegar juga memecahkan rekor PON pada nomor lompat galah putra

Pada debutnya di PON Jabar, Tegar hanya berada di urutan kedua dan meraih medali perak. Tapi, di PON XX, Tegar berhasil melakukan lompatan setinggi 5.15 meter, melampaui rekor PON sebelumnya yaitu setinggi 5.10 meter atas nama Nunung Jayadi dari DKI Jakarta.

Diungkapkan olehnya, ia ingin membuktikan jika atlet dari daerah pun bisa berprestasi melalui medali emas yang berhasil ia peroleh. Sebelumnya, ia memang telah dipulangkan dari Pelatihan Nasional (Pelatnas) "Saya mau nunjukin kalau orang daerah juga bisa meraih emas," katanya seperti dikutip dari laman PB PON XX Papua.

Di PON XX Papua, Tegar sebenarnya menarget pecahkan rekor lompat galah putra nasional. Tapi ia mengaku sudah puas meskipun hanya memecahkan rekor PON.

"Saya ingin memecahkan rekor nasional tetapi ada kendala di kaki, karena tadi sudah banyak melakukan loncatan mungkin kaki sudah capek," tuturnya.

Berikut hasil final nomor lompat galah putra PON XX Papua:

1. Teuku Tegar Abadi 5.15 meter (Jatim)
2. Frederik Saputra 5.10 meter (DKI Jakarta)
3. Dedi Irawan 4.80 meter (Jatim)
4. Eko Wicaksono 4.60 (Lampung)
5. Hasan Basri 4.60 (Kalteng). ***