BAGANSIAPIAPI - DPRD nilai nelayan Rohil perlu teknologi tepat guna. Pasalnya ikan semakin sulit didapat dan berada ditengah laut akibat pendangkalan. Kondisi ini menyebabkan hasil tangkapan berkurang.

Penilaian itu dikatakan Ketua Komisi B, Hendra, ST, dihubungi, Rabu (30/11/2016). ''Perlu teknologi tepat guna, salah satunya fish finder (alat pelacak ikan, red),” pendapat Hendra.

Karena saat ini ikan sudah berada ditengah laut, kalau sebelumnya tangakapan nelayan cukup sekitar pinggir. ''Kalau sekarang harus ketengah,'' katanya.

Disamping butuh teknologi, juga butuh kapal yang besar, agar bisa menjelajah sampai ketengah. “Perlu juga kesiapan nelayan, hingga berhari-hari untuk mencari ikan, maka dibutuhkan kapal yang besar, jangan hanya memegang prinsip biar dapat sedikit, asal bisa pulang setiap hari,” ingatnya.

Jika nelayan sudah punya tekad, tentu penghasilan bisa meningkat, mengingat saat ini sejumlah nelayan yang sanggup mencari sampai ketengah laut, penghasilannya lebih meningkat.

''Maka kita sarankan kepada Pemkab Rohil, agar menyediakan peralatan canggih, agar bisa bersaing dengan nelayan asing,” tambahnya. (adv/DPRD)