PEKANBARU - Pengendara sepeda motor akan dilarang melintas di jalur jembatan layang fly over Jalan Sudirman Pekanbaru, Riau. Ini dilakukan sebagai antisipasi tingginya angka kecelakaan sepeda motor di jalur tersebut.

"Fly over ini memang hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat (mobil). Selama roda dua ikut melintas, biasanya sering terjadi salip menyalip antar kendaraan. Ini yang menyebabkan rawan kecelakaan," ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, Rahmad Rahim kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Jumat (9/9/2016).

Untuk tahap memulai sosialisasi, Dishub Riau akan memasang beberapa baleho larangan melintasi fly over di beberapa titik. Kemudian, pihaknya akan menugaskan kepolisian lalulintas dan petugas Dishub untuk berjaga di titik-titik jalan sebelum menaiki jembatan layang.

"Kita kaji perkembangan sosialisasi pelarangan melintasi fly over ini sampai akhir bulan September. Nanti kita rumuskan bagaimana ke depannya. Kita juga sudah menyiapkan skenario menghindari kemacetan di bawah fly over dengan mengkaji u-turn (pembelokan)," jelasnya.

Ads
Seperti yang dikatakan Rahmad Rahim, kesepakatan pelarangan kendaraan roda dua melintasi fly over karena alasan keselamatan sudah tercetus saat berlangsungnya Forum Lalulintas Angkutan Jalan (LLAJ) Riau yang dihadiri Direktur Keselamatan Transportasi Kementerian Perhubungan Edi. Berawal dari hal itu lah, keputusan untuk melakukan sosialisasi pelarangan ditindak lanjuti.

"Waktu dalam forum LLAJ itu, kami sudah bersepakat melarang roda dua melintas di fly over," tegasnya. ***