SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Tahapan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2014 sudah memasuki fase kampanye akbar. Dimana, setiap Partai Politik (Parpol) diberikan kesempatan untuk menggelar rapat umum di tempat yang telah ditentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak.

Tepat sehari menjelang kampanye akbar, KPU Siak mengadakan karnaval yang diikuti 12 Parpol peserta Pemilu.

"Selain sebagai simbol dimulainya masa kampanye akbar, Karnaval juga bertujuan untuk mensosialisasikan Pemilu kepada masyarakat," ujar Komisioner KPU Siak Agus Hariyanto kepada GoRiau.com, Rabu (12/3/2014).

Pelaksanaan karnaval tersebut, kata Agus sudah disepakati oleh seluruh Parpol. Dimana, setiap Parpol hanya boleh menyertakan lima mobil hiasnya. "Jadi, Parpol dibatasi mengikutsertakan kendraan dalam pawai Sabtu (15/3/2014) besok," katanya.

Rencananya, pawai akan dimulai di Kantor KPU Siak dan akan melewati sebuah rute. Namun, rute tersebut belum selesai digodok oleh KPU Siak. "Yang jelas, setelah iring-iringan mobil selesai, akan ada sambutan dari Ketua KPU, Panwaslu dan arahan dari Pemkab Siak," jelas Agus.

Diakhir acara, Parpol secara bersamaan akan mendeklarasikan Pemilu damai. Hal itu dituangkan dalam sebuah prasasti. "Acara akan dimulai sekitar pukul 13.30 Wib," kata Agus.(san)