HANOI - Defile kontingen Indonesia akan melibatkan 30 atlet pada acara pembukaan SEA Games 2021 yang akan berlangsung di Stadion Mỹ Đình, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5/2022). Rencananya, mereka akan mengenakan seragam casual dan millenial.

Hal tersebut diungkapkan Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia, Ferry J. Kono di sela-sela acara Welcoming Dinner dan Ramah Tamah bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi pada Rabu (11/5/2022) malam.

"Defile kontingen Indonesia akan diwakili oleh 30 orang atlet dan akan menggunakan seragam casual dan millenial dimana mempresentasikan 60 persen kontingen Indonesia yang diisi oleh para atlet junior, sehingga baju yang dikenakan tidak terlalu berat dengan balutan warna Merah Putih dan kemudian masing-masing peserta defile akan menggunakan identitas dari kekayaan budaya Indonesia,"  ucap CdM kontingen Indonesia Ferry J. Kono.

"Salah satunya melalui penggunaan topinya, dengan harapan ini bisa mempromosikan budaya bangsa kita yang sangat kaya ini," tambahnya.

Terkait pemilihan seragam casual dalam defile nanti, pria yang juga sebagai Sekjen KOI/NOC Indonesia itu memiliki alasan tersendiri, yakni menandakan wujud kesederhanaan tim Merah Putih dalam bersosialisasi dengan masyarakat di Asia Tenggara.

Tak hanya pemilihan kostum yang akan digunakan, CdM Ferry J. Kono pun sangat selektif memilih siapa saja atlet yang bisa berpartisipasi dalam acara defile ini dengan pertimbangan tidak mengganggu konsentrasi sang atlet untuk berkompetisi pada keesokan harinya.

"Sebagian besar atlet yang menjadi wakil Indonesia dalam defile pembukaan SEA Games 2021 Hanoi nanti adalah mereka yang baru akan bertanding pada tanggal 14 Mei mendatang dan beberapa atlet yang sudah bermain," tuturnya.

"Kita memang tidak ingin mengganggu konsentrasi atlet kita yang akan bertanding di tanggal 13 Mei. Mereka yang menjadi wakil Indonesia dalam defile adalah perwakilan atlet dari atletik, basket dan beberapa cabang olahraga yang aman dari sisi schedule pertandingannya," pungkas Ferry J. Kono.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Indonesia/NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menyebut dalam acara pembukaan SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, dirinya bersama tamu VVIP lainnya dari Indonesia, kompak akan mengenakan batik yang merupakan ikon budaya penting bagi Indonesia.

"Batik itu adalah ciri khas atau signature nya Indonesia, sehingga saya bersama tamu VVIP Indonesia lainnya yang menghadiri acara pembukaan SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, akan menggunakan baju batik dalam acara tersebut," ucap Raja Sapta Oktohari.

Pada SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam yang merupakan edisi ke-31 ini, kontingen Indonesia berkekuatan 499 atlet serta 214 official yang berpartisipasi di 32 cabor. ***