PEKANBARU - Langkah Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) untuk memperkuat identitas nasional melalui industri pangan lokal mendapat dukungan penuh oleh Menteri Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah), Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman.

Menteri Puspayoga yang hadir secara langsung dalam rapat kerja nasional (Rakernas) APJI ke-3 di Pekanbaru ini pun memotivasi ratusan peserta APJI yang datang dari seluruh penjuru Indonesia untuk terus meningkatkan daya saing kuliner lokal terhadap luar negeri.

"Walaupun ada serangan kuliner dari luar, tetapi kuliner kita tidak akan pernah kalah. Kuliner kita harus siap bersaing. APJI juga harus bersinergi dengan pemerintah untuk mewujudkannya," ungkapnya di Ballroom Hotel Premier Pekanbaru, Selasa (25/10/2016) malam.

Menurutnya, pengembangan sektor wisata haruslah diiringi dengan dukungan terhadap UMKM. Sebab, wisata erat kaitannya dengan kuliner dan 'buah tangan', termasuk juga produk unggulan suatu daerah tersebut.

"Otomatis membutuhkan UMKM, karena kuliner pasti dicari," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rakernas ke-3 APJI, Tashya Megananda Yukki sempat mengatakan, bahwa tantangan terbesar bagi APJI ialah untuk mendidik dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang siap bersaing dengan kuliner dari negara-negara lain di dunia.

"Kita akan terus menyiapkan SDM yang siap bersaing. Mudah-mudahan APJI dapat mengembangkan kuliner Indonesia agar dapat mendunia dan diterima oleh warga negara lain. Manfaatnya bisa menambah devisa negara," ungkapnya. ***