PANGKALAN KERINCI -Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 Kabupaten Pelalawan, Asril M.Kes mengungkapkan bahwa saat ini Level Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) Pelalawan yang semula berada di level 2 kembali naik menjadi level 3.

Satgas Covid-19 Provinsi Riau mengumumkan kenaikan PPKM di beberapa daerah dari level 2 menjadi level 3, termasuk Kabupaten Pelalawan.

Padahal kasus Covid-19 di Pelalawan mengalami penurunan yang sangat drastis dalam beberapa pekan terakhir. Bahkan dalam sepekan ini catatan nihil kasus positif Covid-19.

"Saat ini, indikator penerapan PPKM lebih mengacu kepada capaian vaksinasi. Makanya daerah yang vaksinasinya rendah, naik lagi ke level 3," terang Asril.

Menurut Asril, berdasarkan data dari Pemprov Riau, capaian vaksin Kabupaten Pelalawan masih diangka 39 persen dari laporan yang masuk.

Hal itu dinilai tidak sesuai dengan pendataan manual milik Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan yang sudah mencapai diangka 46,9 persen.

Perbedaan data tersebut disebabkan data vaksinasi gotong-royong yang digelar oleh beberapa perusahaan swasta dan institusi tidak masuk pada capaian vaksinasi Covid-19 Kabupaten Pelalawan.

"Jumlahnya itu sampai 33 ribu yang tidak masuk ke dalam capaian kita. Jika masuk, itu lumayan peningkatannya. Makanya Pelalawan masih terdata dibawah 39 persen," ujar Kepala Diskes Pelalawan ini, Sabtu (23/10/2021).***