JAKARTA - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) mencatat sejarah pemegang rekor tertinggi mendapatkan bantuan dana pelatnas dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Untuk pelatnas Timnas U 19 Indonesia yang dipersiapkan menghaapi Piala Dunia U 20 tahun 2021, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriwan yang menandatangani nota kesepakatan (MoU) bantuan dana senilai Rp50,6 miliar di Audiotorium Kemenpora Jakarta, Senin (27/7/2020), langsung melontarkan puja-puji.

"Saya ucapkan selamat atas kesuksesan Kemenpora mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) setelah 10 tahun dan berharap bisa dipertahankan. PSSI juga sangat berterima kasih kepada Pak Zainudin Amali dimana sejak dilantik menjadi Menpora sangat banyak membantu kegiatan sepakbola sesuai dengan pesan Presiden Jokowi yang meminta fokus terhadap sepakbola," kata Mochamad Iriawan.

Dia juga menyebut bahwa PSSI menerima bantuan dana pelatnas terbesar dibandingkan dengan cabang olahraga lain. Dan, dia juga menyatakan kesiapan PSSI mengelola anggaran dari APBN tersebut secara transparan.

Mantan Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jabar ini juga mengungkapkan kekagetan pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae Yong atas dukungan penuh Kemenpora terhadap persiapan Timnas Indonesia U 19 menghadapi Piala Dunia U 20 2021. Apalagi, saat ini Timnas U 19 menginap di Hotel Parimont Jakarta. "Shim Tae Yong cukup kaget kita punya Menpora yang membeikan support luar biasa. Bukan hanya penginapan yang bagus tetapi masalah makanan juga diperhatikan," jelasnya.

Pemberian dana pelatnas terbesar yang diterima PSSI itu juga diakui Menpora Zainudin Amali. Bahkan, politikus Golkar ini menyebut PSSI menjadi satu-satunya cabang olahraga yang memegang Instruksi Presiden (Inpres) karena sangat digemari dan diminati masyarakat Indonesia. "Ya, PSSI memang mendapat bantuan dana paling besar dari cabang olahraga lain. Ini bukan kemauan PSSI tetapi Kemenpora yang memaksa," katanya.

Dalam kesempatan itu, Zainuin Amali juga meminta dukungan media untuk menyajikan pemberitaan yang kondusif mengenai masalah persiapan Timnas U 19 Indonesia dalam menghadapi Piala Dunia U 20 2021.

"Pemberitaan kurang mengenakkan akan berpengaruh terhadap suasana kebatinan. Berikan semangat dan optimisme kepada Timnas U 19 Indonesia sehingga bisa menjalankan persiapan dengan baik," ujarnya. 

Pelatnas Timnas U 19 Indonesia saat ini dihuni 46 pemain, 7 pelatih, 8 Tenaga pendukung. Dana pelatnas itu untuk fasilitasi honorarium, akomodasi dan konsumsi, suplemen, Try Out ke luar negeri, transportasi, peralatan/perlengkapan latihan tanding dan dukungan sport science, serta perlindungan Kesehatan. ***