BENGKALIS, GORIAU.COM - Dalam melaksanakan amanah menjaga kedaulatan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Tentara Nasional Indoensia (TNI) tidak bisa berjalan sendiri, namun butuh dukungan segenap elemen rakyat di negeri ini.

''Bersama rakyat TNI kuat, hebat, profesional, siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Tema ini tentu menjadi pondasi prajurit dalam menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman dari dalam dan luar,'' demikian diungkapkan Dandim WB 0303 Bengkalis Letkol Arh Wachyu Dwi Ariyanto pada acara syukuran sempena peringatan HUT ke-70 TNI di Markas Dandim WB Bengkalis, Jalan Bantan, Desa Senggoro, Bengkalis, Senin (5/10/2015).

Dikatakan Wachyu, tentera dan rakyat mempunyai tanggungjawab yang sama dalam mempertahankan kedaulatan NKRI. Untuk itu, Dandim mengajak seluruh elemen negeri ini untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

''Sebab persatuan dan kesatuan menjadi modal utama dalam membangun NKRI yang kita cintai ini,'' ungkapnya.

Pada prosesi syukuran itu, Dandim didampingi sang isteri memotong tumpeng untuk diserahkan kepada prajurit termuda Serda Novreda Dirgantara. Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah bersama para undangan dan veteran.

Pada kesempatan itu, Wachyu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para veteran yang telah berjuang membebaskan bumi pertiwi dari penjajahan. Tanpa perjuangan itu, generasi muda tidak bisa menikmati alam kebebasan seperti dirasakan saat ini. ''Sebagai anak muda, kami selaku prajurit akan terus menjaga amanah dari para orang tua kami dalam berjuang mengusir penjajahan di muka bumi ini,'' ungkapnya.

Sebagai tentara rakyat, TNI tidak boleh melupakan rakyat. TNI tidak boleh menyakiti hati rakyat. TNI tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat. Hanya dengan bersama-sama rakyat, TNI akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian pada bangsa dan negara. Hanya bersama-sama rakyat, TNI menjadi kekuatan militer yang hebat, kekuatan militer yang disegani serta kekuatan diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

Acara syukuran ini dihadiri oleh Pj Bupati Kepulauan Meranti Edi Kusdarwanto, Ketua DPRD Bengkalis Heru Wahyudi, Kapolres Bengkalis AKBP A Supriyadi, Kapolres Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad, Sekda Bengkalis Burhanudin dan perwakilan dari Pemkab Siak dan Rohil serta Forkopinda dari empat kabupaten dan sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Selain itu dihadiri oleh pengurus veteran, warakuri dan sejumlah tokoh masyarakat.ail