TELUKKUANTAN - Sebanyak 35 orang anggota DPRD Kuantan Singingi (Kuansing), Riau masa bakti 2019-2024 gagal ikuti kegiatan orientasi yang ditaja Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri.

Seharusnya, anggota DPRD Kuansing tersebut mengikuti kegiatan orientasi pada Senin, 21 Oktober 2019 di Pekanbaru.

"Iya, batal. Harusnya Senin kemaren kami sudah ikut. Tak tahu apa persoalannya, padahal anggaran ada," ujar Ketua Komisi I DPRD Kuansing Jefri Antoni, Kamis (24/10/2019) di Telukkuantan.

Kegiatan orientasi ini sangat penting diikuti anggota DPRD yang baru saja dilantik. Sebab, dari kegiatan tersebut mereka akan paham tugas pokok dan fungsi anggota DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.

Sementara itu, Mastur selaku Sekretaris DPRD Kuansing menjelaskan kegiatan orientasi tertunda tidak lepas dari gagalnya APBD-P 2019.

"APBD-P gagal dan saat ini pemerintah daerah sedang melakukan pergeseran anggaran. Anggaran sudah bisa digunakan apabila Perbup sudah diteken bupati. Sekarang masih pergeseran, tentu belum bisa digunakan," ujar Mastur.

Dikatakan Mastur, BPSDM Riau sudah menjadwalkan kegiatan orientasi pada tiga tahap. Untuk Kuansing, memilih kegiatan orientasi tahap ketiga bersama tiga daerah lainnya.

"Karena daerah lain sudah selesai, tinggal kita satu-satunya lagi, saya sudah menyurati BPSDM untuk menjadwalkan ulang," ujar Mastur.***