LUSAIL – Portugal menjadi tim terakhir yang menyegel tiket ke perempatfinal Piala Dunia 2022. Kepastian ini didapat usai Goncalo Ramos dkk menaklukkan Swiss 6-1.

Babak 16 besar Piala Dunia 2022 mempertemukan Portugal vs Swiss. Duel berlangsung di Lusail Stadium, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB.

Pelatih Portugal, Fernando Santos, melakukan keputusan berani. Dia memarkir kapten tim, Cristiano Ronaldo, dan menurunkan penyerang muda 21 tahun, Goncalo Ramos.

Keputusan tersebut berbuah manis. Ramos berhasil memborong tiga gol ke gawang Swiss!

Portugal mencetak tiga gol lain yang masing-masing dibuat Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao. Swiss hanya bisa membalas dengan satu gol Manuel Akanji. Laga tuntas untuk kemenangan Selecao das Quinas 6-1.

Kemenangan ini membawa Portugal melaju ke babak delapan besar Piala Dunia 2022. Mereka sudah ditunggu Maroko untuk duel perebutan tiket ke semifinal.

Jalannya Pertandingan

1-0! Portugal membuka skor pada menit ke-19. Goncalo Ramos membayar tuntas kepercayaan Santos dengan membobol gawang Swiss.

Penyerang 21 tahun itu melepaskan bola sepakan terukur yang mengarah ke pojok atas gawang Swiss. Portugal memimpin 1-0.

Swiss nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-30 lewat eksekusi tendangan bebas Xherdan Shaqiri. Bola bisa ditepis keluar kiper Portugal, Diogo Costa.

2-0! Portugal menggandakan keunggulan tiga menit berselang. Kali ini giliran Pepe yang mencetak gol lewat bola tandukan, memaksimalkan situasi sepak pojok. Portugal unggul dua gol hingga turun minum.

3-0! Portugal mencetak gol ketiga enam menit babak kedua berjalan. Ramos membukukan brace setelah menyambut umpan tarik Diogo Dalot.

4-0! Selecao das Quinas kembali menambah skor pada menit ke-55. Kali ini giliran Raphael Guerreiro yang menggetarkan gawang Swiss melalui bola sepakannya.

4-1! Swiss memperkecil keadaan tiga menit kemudian. Manuel Akanji merobek jala Portugal menyusul kemelut selepas sepak pojok.

HAT-TRICK! Ramos menorehkan gol ketiganya di laga ini pada menit ke-67. Dia menyungkil pelan bola melewati badan Yann Sommer usai mendapat umpan dari Joao Felix.

Cristiano Ronaldo dimasukkan pada menit ke-73, tepat di saat bersamaan Ramos ditarik keluar. CR7 sempat membobol gawang Swiss pada menit ke-82, tapi tidak dianggap akibat offside.

GOL! Portugal kembali menjauhkan skor pada menit ke-90 via bola tembakan terukur Rafael Leao di dekat garis kotak penalti. Pasukan Fernando Santos menang 6-1.***