JAKARTA - Tim Nasional (Timnas) Cricket Putri U-19 Indonesia berhasil menutup debutnya dengan penampilan cemerlang dan meraih satu kemenangan pada laga  Piala Dunia (World Cup) U 19 yang digelar di Afrika Selatan, 14-30 Januari 2023. 

Kemenangan tunggal yang diraih Wesika Ratna Dewi dan kawan-kawan setelah menaklukkan peringkat 12 dunia, Zimbabwe dengan skor 87/7 (18 ov.) - 86/8 (20 ov.) pada laga play off terakhir. 

Hal ini membuktikan Indonesia mampu bersaing ketat dan juga mencatat prestasi saat berlaga perdana di ajang World Cup 2023 yang diikuti 16 tim terbaik dunia. Sebelumnya, Indonesia yang menempati peringkat 20 dunia berada di Grup C bersama New Zealand (ranking 3 dunia), West Indies (ranking 6 dunia) dan Irlandia (ranking 10 dunia). 

Meski mengalami kekalahan dari Selandia Baru, West Indies dan Irlandia, Srikandi Indonesia mampu menunjukkan kualitasnya. Bahkan, tim asuhan pelatih asal Sri Lanka, Nuwan Shiromanmenerima banyak pujian atas performanya di World Cup 2023. Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), Abhiram S. Yadav yang dihubungi Sabtu (20/1/2023), mengapresiasi perjuangan Timnas Putri Indonesia yang mampu mengimbangi permainan para raksasa cricket dunia seperti Selandia Baru, West Indies dan Irlandia. Begitu juga dengan hasil pertadingan yang membawa Indonesia lolos ke babak play-off. 

“Cricket Indonesia telah ‘Menembus Dunia’. Ini lah semangat dan karya dalam bentuk prestasi yang dapat kami persembahkan bagi bangsa Indonesia. Bahkan, kita buktikan dengan prestasi kemenangan di ajang paling bergengsi, yaitu Piala Dunia” ujarnya.

GoNews Timnas Cricket Putri U 19 IndoTimnas Cricket Putri U 19 Indonesia. (Dok. PP PCI)

Abhiram menjelaskan bahwa hasil ini menempatkan ranking timnas U-19 Putri Indonesia kini menduduki peringkat 14 dunia dari hasil World Cup 2023 ini. “Tidak mudah untuk melangkah sejauh ini apalagi  Indonesia dianggap sebagai tim under-dog di World Cup 2023 ini. Kita appresiasi kinerja seluruh anggota Timnas Putri Indonesia. Selanjutnya, kita akan berjuang dengan seluruh kemampuan kami untuk memberi hasil terbaik bagi bangsa pada ajang-ajang internasional berikutnya,” lanjut Abhiram. 

Perjalanan Timnas Indonesia menembus dunia bermula saat PCI pertama kali mengadakan Pemusatan latihan di Bali. Kemudian, Timnas Indonesia yang lolos kualitikasi World Cup 2023 melakukan permusatan latihan di India dan berlaga  dengan semua negara terbaik di Piala Dunia dan berhasil membawa pulang kemenangan berharga. 

“Ini adalah sebuah usaha kerja keras bersama. Saya ucapkan terima kasih kepada pemain dan pengurus PCI yang selalu mendukung persiapan,” jelas Head Coach Indonesia, Nuwan Shiroman.

Skuad Timnas Cricket Putri U 19 Indonesia:

- Abhiram Singh Yadav - Ketua Umum PP PCI

- Fiermansyah Afie - Manajer Tim/General Manager PP PCI

- Bella Azalia - Corporate Secretary PP PCI

- Nuwan Shiroman - Kepala Pelatih/Head Coach

- Ni Wayan Sariani - Asisten Pelatih

- Ni Kadek Fitria Rada Rani - Asisten Pelatih

.- Arjun Menon - Analis

-  Ntesekke - Physio

Pemain:

1. Wesika Ratna Dewi (kapten)

2. Thersiana Penu Weo (wakil kapten)

3. Desi Wulandari

4. Dewa Ayu Sasrikayoni

5. Gusti Ayu Ratna Ulansari

6. I Gusti Ayu Pratiwi

7. Kadek Ayu Kurniartini

8. Lie Qiao- Ni Kadek Ariani

9. Ni Kadek Dwi Indriyani

10. Ni Made Suarniasih

11. Ni Putu Cantika

12. Sang Ayu Puspita Dewi

13. Yesnny Djahilepang. ***