JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) dayung sudah merasakan sentuhan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora),  Zainudin Amali. Apalagi, dayung masuk dalam 14 cabor unggulan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) merupakan produk Menteri asal Partai Golkar yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021.

Hal itu diakui Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung (PB PODSI), Budiman Setiawan yang dihubungi Sabtu (21/1/2023) malam. Makanya, dia menyayangkan langkah Zainudin Amali yang masih menjabat Menpora RI maju dalam bursa calon Wakil Ketua Umum (Cawaketum) PSSI melalui Kongres Luar Biasa (KLB) pada 16 Februari mendatang. 

Untuk itu, Budiman meminta Menpora Amali mengurungkan niatnya dan terus fokus membenahi tata kelola olahraga Indonesia. Apalagi, ketika Zainudin Amali memimpin Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) prestasi olahraga Indonesia terus melesat di multi event internasional SEA Games dan Olimpiade.

Dengan reputasinya cukup baik di mata insan olahraga Indonesia itu, kata Budiman, Menpora Amali tetap pada posisinya karena kurang etis menjabat pengurus di salah satu cabor. 

"Secara etika seorang Menpora itu harus memayungi semua cabang olahraga. Istilahnya Menpora itu adalah bapaknya semua cabang olahraga, jadi kalau seorang Menpora itu menjadi Ketum atau Wakil Ketum dari sebuah cabor, secara etika kurang etis," ujarnya.

Pria yang mengawal Timnas Dayung Indonesia meraih total 31 medali emas dengan total 14 emas, 14 perak dan tiga perunggu pada SEA Games Vietnam 2021 lalu itu juga meminta kepada Menpora Amali untuk mundur dari kontestasi di organisasi PSSI tersebut.

Bahkan, Budiman Setiawan yang merupakan mantan atlet dayung Indonesia itu pun menilai jika sosok Zainudin Amali sudah sangat tepat sebagai Menpora RI, dimana dirinya mampu membawa grafik prestasi olahraga Indonesia mengalami peningkatan pada multi event internasional.

"Kinerja positif Menpora Zainudin Amali telah mendapat apresiasi dari masyarakat. Kalau kita melihat statistik prestasi olahraga Indonesia di bawah komando pak Zainudin Amali sebagai Menpora, pada multi event kita mengalami peningkatan. Contoh hasil dari SEA Games ke SEA Games trennya meningkat," jelas Budiman.

Terlebih, Budiman juga menyebut jika Zainudin Amali merupakan sosok Menteri Olahraga terbaik yang dimiliki Indonesia, karena betul-betul memiliki konsep dalam membangun olahraga Nasional dengan DBON.

"Untuk itu, kami minta pak Zainudin Amali yang hingga kini secara resmi masih tercatat sebagai Menpora RI, harus mundur sebagai calon Wakil Ketua Umum PSSI, karena dirinya masih sangat dibutuhkan bagi cabor-cabor lainnya. Terlebih dalam memantapkan DBON," tegasnya. ***