PEKANBARU - Jumlah titik panas atau hotspot yang terdeteksi citra satelit di Pulau Sumatera, pada Jumat (13/3/2020) pagi, pukul 06.00 WIB, ada sebanyak 45 titik panas.

"Dari jumlah hotspot itu, paling banyak di Provinsi Riau yaitu 26 titik panas. Sedangkan Sumatera Utara (Sumut) dan Kepulauan Riau masing-masing lima titik, NAD empat titik, Sumatera Barat tiga titik, Jambi dua," kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna di Pekanbaru, Jumat pagi.

Yang mana, 26 titik panas di Riau yang berada di atas level confidence 50 persen ini, tersebar di Kota Dumai 15 titik, Kabupaten Bengkalis enam titik, Kuantan Singingi (Kuansing) dan Kampar masing-masing dua titik dan Rokan Hulu (Rohul) satu titik.

Jika diklasifikasikan lagi, kata Yasir, jumlah titik yang berada di atas level 70 persen atau diduga sebagai titik api ada sebanyak 15 titik api, yaitu berada Dumai 10 titik api, Bengkalis tiga titik api, serta Kuansing dan Kampar masing-masing satu titik.

"Rata-rata titik api ini berada di level confidence 72-100 persen," ujarnya.

Sedangkan, prakiraan cuaca hari ini, pada pagi hari cerah berawan tanpa berpotensi hujan. Lalu, siang hingga sore harinya berpotensi hujan ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Indragiri Hulu (Inhu), Kampar dan Kota Pekanbaru.

"Kemudian malam harinya cerah berawan tidak ada potensi hujan. Sedangkan, diniharinya berpotensi hujan ringan hingga sedang yang tidak merata terjadi di sebagian wilayah Dumai, Bengkalis dan Rokan Hilir," tukasnya. ***