PANGKALAN KERINCI -Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sido Makmur, Desa Sido Mukti, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, memiliki unit usaha baru.

BUMDes ini mulai mengelola pemotongan hewan untuk memenuhi kebutuhan daging masyarakat, yang masih di fojuskan untuk masyarakat Desa Sido Mukti.

"Pagi ini saya ikut pemotongan perdana. Pemotongan hewan yang dikelola oleh BUMDes Sido Makmur," ungkap Ketua DPRD Pelalawan, Baharudin, Selasa (31/8/2021).

Pemotongan perdana hari ini, lanjut dia, berupa 2 ekor sapi yang berasal dari peternak desa setempat. Pemotongan hewan bakal rutin dilakukan dua kali dalam seminggu.

"Hari ini dua ekor sapi. Pemotongan hewan ternak ini akan menjadi pemotongan rutin dua kali dalam seminggu," ungkapnya.

Menurut politis Golkar ini, usaha BUMDes Sido Makmur ini akan mengerakan perekonomian peternak dan memenuhi kebutuhan daging masyarakat sekitarnya.

"Tentu, secara harga daging disini lebih terjangkau karena ternak berasal dari peternak lokal. Daging juga lebih segar, karean dipotong langsung dipasarkan," paparnya.

Kedepan, akan dibuka menjadi cikal bakal rumah pemotongan hewan (RPH) yang dananya didukung oleh NGO yang mendampingi petani dari EFI (Earthworm Fondation Indonesia).

"Mereka membimbing BUMDes dalam hal jaringan pemasaran daging. Ini trobosan yg luar biasa dan akan terus kita dukung," pungkas Baharudin.***