JAKARTA - Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) ke VI tahun 2022, yang akan diselenggarakan di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) 1 hingga 7 Juli 2022. Nama Maskot Chitala dipilih karena memiliki simbol Ikan Belida yang menjadi khas Sumsel.

Berbagai persiapan telah dilakukan pemerintah setempat demi terselenggaranya acara berjalan dengan nyaman, aman dan lancar. Tak tertinggal maskot untuk FORNAS VI yang juga telah ditetapkan. Maskot FORNAS Dialah Chitala, nama yang terpilih menjadi maskot FORNAS VI Sumsel. Chitala merupakan seekor humanoid ikan Belida keturunan asli Sumatera Selatan yang enerjik dan ramah.

Pemilihan maskot Chitala, karena ikan Belida ini khas Sumsel. Jadi, diangkatlah ikan Belida ini sebagai maskotnya dan diberi nama Chitala. Ikan Belida ini memberikan nilai tambah pada kuliner khas seperti Mie Celor dan Pempek. Chitala yang enerjik juga suka berolahraga di Sungai Musi.

Digambarkan, Chitala memakai outfit seragam olahraga putih berkerah merah, memakai tanjak dan songket sebagai ciri khas Sumsel. Serta mengenakan Nomor 17 dibagian kanan bawah celana yang digunakan Chitala, melambangkan 17 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.

Ketua Panitia Penyelenggara Samuel Samson mengatakan hingga saat ini peserta mulai berdatangan dan Sumatera Selatan sudah siap menyambut pesta olahraga masyarakat tersebut. "Semua persiapan saat ini telah dilakukan dengan baik, dan Sumatera Selatan selaku tuan rumah sudah siap untuk menyambut FORNAS ke-VI tahun 2022," kata Samuel Samson. ***