SELATPANJANG - Dalam rangka memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru di Kepulauan Meranti, Bupati Irwan mengecek langsung kesiap siagaan personil Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP), Jumat (14/8/2020) pagi.

Pengecekan itu dimaksudkan untuk memastikan mereka tetap siaga menjalankan tugas dan fungsinya dalam rangka mengamankan peraturan daerah yang sudah ditetapkan di Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Dalam era pandemi Covid-19 ini anda semua adalah garda terdepan mengamankan kebijakan pimpinan 

daerah yang akan berhadapan langsung dalam rangka menertibkan masyarakat untuk senantiasa patuh memahami dan mentaati protokol kesehatan," kata Bupati dalam pidatonya.

Dikatakan Bupati, bahwa dia ingin seluruh personil Satpol-PP dalam keadaan sehat, sehingga siap siaga ketika dibutuhkan. Karena menurutnya penularan virus Corona akan semakin mengganas jika masyarakat terlalu abai dan tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Saya ingin bahwa seluruh anggota Satpol harus senantiasa dalam keadaan sehat dan siaga sewaktu-waktu dibutuhkan apabila situasi menjadi mendesak. Dan saya perlu menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 ini sekarang kita sedang menghadapi penularan gelombang ke-2 dan menurut informasi yang saya dapatkan bahwa kalau tidak kita antisipasi dengan baik maka penularan penularan Covid-19 pada gelombang kedua ini ini jauh lebih besar dibandingkan dengan gelombang  pertama yang sudah kita bisa lewati dengan baik. Dan pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih banyak dan memberi apresiasi kepada jajaran Satuan Polisi Pamong Praja yang sudah bekerja maksimal pada saat penanganan penularan covid 19 gelombang pertama yang sudah kita lewati," kata Bupati.

Selain itu dikatakan, dalam mengamankan dan mengawasi masyarakat, petugas Satpol-PP juga diharuskan untuk memakai pelindung diri seperti pelindung wajah atau facial hal itu dimaksudkan untuk mencegah penularan terhadap petugas yang melaksanakan kewajibannya di lapangan.

"Saya juga minta kepada kita semua dan didukung oleh Kepala Dinas Kesehatan kiranya kepada seluruh anggota Satpol yang bertugas dilapangan harus memakai standar peralatan untuk mencegah penularan Covid-19. Selain memakai masker, saya minta ditambah nanti untuk memakai facial atau pelindung wajah ketika akan bertugas di lapangan, dan saya minta kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk berkomunikasi dengan kepala Satpol PP untuk menyiapkan pelindung wajah. Jangan sampai nanti kita yang ditugaskan mengamankan masyarakat tetapi malah kita nanti yang tertular duluan," ujar Bupati.

Bupati juga mengingatkan kepada seluruh personil Satpol PP untuk selalu dan senantiasa menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

"Saya minta kiranya seluruh anggota Satpol agar bisa menjaga kebugaran dan kesehatan diri masing-masing. Sebagai anggota Satuan Polisi Pamong Praja tentu semuanya merupakan petugas terdepan yang akan berhadapan dengan masyarakat, dan bisa kita bisa bayangkan bagaimana anggota Satpol PP kalau tidak bugar dan sakit-sakitan tentu akan menimbulkan sesuatu yang kurang baik  dan apabila nanti ditemukan ada anggota kita yang kurang sehat kiranya nanti dapat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar menugaskan dokter untuk mengecek kesehatan untuk memastikan bahwa anggota satpol-PP ini betul-betul sehat dan tidak ada satupun yang terinfeksi," pungkasnya.***