PADANG - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno membuka secara resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2016 di di Embarkasi Haji Tabing Padang.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Barat mengatakan, Popda yang dilakukan setiap tahun ini harus didukung sekuat tenaga, sepenuh hati dan sungguh-sungguh oleh pemerintah juga DPRD, karena ajang ini tidak hanya olahraga tetapi para atletnya juga dari para pelajar, memberikan satu kesatuan manfaat yang utuh untuk kepentingan masa depan bangsa. Dengan adanya Popda terlahirlah para generasi muda yang sehat, kuat, cerdas, sportif dan jujur sehingga potensi dan karakter yang dibentuk dari olahraga ini bisa menjadi modal untuk membangun bangsa.

“Kami memberikan apresiasi baik atas pelaksanaan kegiatan ini dan dan tentunya dari hasil yang didapati bisa menjadi atlet-atlet yang kita andalkan untuk kepentingan kabupaten/kota, provinsi ataupun PORWIL bahkan PON dan juga nanti tingkat Internasional. Bibit-bibit unggul akan didapat melalui kompetisi dari kegiatan seperti ini, tidak hanya didapat dari sekedar pelatihan saja. Mudah-mudahan kegiatan ini menghasilkan banyak atlet-atlet yang InshaAllah akan memberikan kebanggaan bagi kita Sumatera Barat,” tambah Irwan Prayitno.

Untuk itu, Irwan Prayitno juga berpesan, mari laksanakan kompetisi secara sportif, tidak boleh curang, berkompetisi secara baik, adil dan kemudian menjalani sesuatu proses tanpa ada pelanggaran-pelanggaran.

Ketua Panitia menyebutkan, kegiatan ini bertujuan untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar kabupaten/kota se-Sumatera Barat. Selain itu juga sebagai salah satu ajang seleksi pembentukan Kontingen Pelajar Sumatera Barat yang akan dipersiapkan untuk mengikuti POPWIL tahun 2016 di Pekanbaru mendatang.

Dalam kompetisi ini ada 5 cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Bola Basket yang dilaksanakan di GOR HTT Pondok Padang, Bola Voli di Lapangan Voli GOR H.Agus Salim, Bulutangkis di Aula Bulutangkis PHI Tabing Padang, Tenis Lapangan di Lapangan Tenis FIT UNP Air Tawar Padang, dan Tenis Meja di Aula Gedung KNPI GOR H.Agus Salim Padang. Jumlah peserta POPDA tahun 2016 ini sebanyak 740 orang yang berasal dari 19 kabupaten/kota se-Sumatera Barat. (rilis)