PEKANBARU - Para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang sudah mendaftar dan lolos administrasi di Partai Demokrat Riau belum tentu diusung pada Pilkada 2020 karena masih ada beberapa tahapan berikutnya.

Ketua DPD Partai Demokrat Riau, Asri Auzar mengatakan, para calon masih akan melewati tahapan selanjutnya yaitu survey, mencari partai koalisi dan hasilnya akan diserahkan ke DPP.

''Jadi ini baru lolos seleksi administrasi. Kita akan masuk tahap survey, dari hasil survey baru kita usulkan ke DPP untuk ditetapkan DPP dan selanjutnya menghasilkan rekomensasi,'' ujar Asri Auzar saat memberi sambutan pada penyerahan hasil seleksi administrasi di kantor DPD Demokrat Riau, Sabtu (11/1/2020).

Karena itu, Asri Auzar berharap, para bakal calon bisa lebih giat lagi melakukan sosialisasi di lapangan supaya menghasilkan elektabilitas dan popularitas yang tinggi.

''Dan satu lagi, jangan lupa mencari partai koalisi mengingat Demokrat tidak ada yang mendapat suara penuh untuk mengusung calon. Dari sekarang, tentu harus dibangun komunikasi dengan partai lainnya,'' tutupnya.

Seperti diberitakan GoRiau.com sebelumnya, Partai Demokrat Provinsi Riau telah menyelesaikan tahap seleksi administrasi untuk calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan diusung pada Pilkada Serentak 2020.

Dari nama yang masuk sedikitnya ada 76 calon yang lolos seleksi administrasi yang diumumkan hari ini Sabtu (11/1/2020). Nama-nama ini nantinya diharapkan akan mencari dukungan dari koalisi mengingat Partai Demokrat tidak mendapatkan suara penuh pada Pemilu Legislatif 2019 lalu.

Berikut calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang diusung Partai Demokrat Riau pada Pilkada serentak 2020 yang lolos seleksi administrasi yaitu:

Untuk calon Bupati Pelalawan, Budi Artiful SE, MIP, Nasaruddin SH, MH, H Husni Tamrin SH, H Abu Mansur Matridi SE, Drs H Zaini Ismail MSi, Adi Sukemi ST, MM, Habibi Hafri SH, Drs H Anas Badrun MSi.

Untuk calon bupati Kabupaten Kepulauan Meranti diantaranya Muzamil, SM, Drs H Masrul Kasmi, MSi, Drs H Said Hasyim, Mahmuzim. Sedangkan untuk calon wakil bupati H Yulian Norwis, SE, Hary Saputra, SH, H Asmar, Tengku Mustafa SST, MT.

Untuk calon bupati Kabupaten Bengkalis tercatat nama Kasmarni SSos, MMP, Muhammad ST, MT, Arifin SH, MH, DR Eng Mohammad Syahminan ST, MT, Kaderismanto, HA Ridwan Yazid SSos, Masuri SH, H Ahmad Syah Harrofie SH, MH. Sedangkan untuk calon wakil bupati Nur Azmi Hasyim ST.

Sedangkan untulk calon bupati Siak ada nama Drs H Alfedri MSi, Turyono SM, H Agus Samsir, Sayed Abu Bakar Assegaf, Syamsurizal SAg, MSi. Sedangkan untuk calon wakil bupati Siak hanya satu orang atas nama Syamsurijal SH, MKn.

Untuk calon Wakilota Dumai diantaranya Eko Suharjo SE, Benny Akbar SH, MH CLA, Syarudin, sedangkan untuk wakil walikota Suardi SSy, Delyuzar Syamsi SE, MBA, Syarifah SH, Hj Jufrida SE, Nita Ariani SKep, NS, MKep, H Junaidi Abdul Rahman ST, Drs Paruntungan Pane MM, Rahmawati Sanusi SH, MH.

Untuk calon bupati Kuansing ada nama Aherson SSos, MSi, Andi Putra SH, MH, Drs H Suhardiman Amby Ak, MM, Indra Putra ST, Dr H Fahdiansyah Spog, H Halim, H Syarianto, Drs H Mursini MSi. Sedangkan calon wakil bupati adalah Jontikal, Komperensi SP, MSi.

Untuk calon bupati Rokan Hulu diantaranya Drs H Gustian Riau Bsc, SE, MSi, H Hamulian SP, H Sukiman, Ir Hafith Syukri MM, H Erizal ST, Afrizal Anwar, H Murnis SP. Sedangkan calon wakil bupati hanya satu orang atas nama Roni Hariman SP.

Sedangkan untuk calon bupari Rokan Hilir diantaranya ada nama H Asri Auzar SH, MSi, Muhammad Maliki MKM, Amansyah, Cutra Andika SH, H Suyatno, H Rusli Effendi SPdi, SE, MSi, H Syafrudin, H Bachtiar ST, MT, Afrizal. Sedangkan calon wakil bupati Mohamad Ridwan Sip, Drs H Jamiludin, H Fuad Ahmad.

Untuk calon bupati Indragiri Hulu adalah Drs Raja Haryono SH, MHum. Sedangkan untuk calon wakil bupati adalah H Khairizal SE, MSi, Supri Handayani SE. ***