MEDAN – Bus PMH BK 7116 UD bertabrakan dengan bus PMS BK 7909 TL di Jalan Lintas Sumatera, di Desa Asam Jawa, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, pada Senin (20/6/2022) dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB.

Tabrakan dua bus tersebut menyebabkan 7 orang tewas dan 13 orang mengalamj luka-luka.

Dikutip dari Tribunnews.com, Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Indra Darmawan Iriyanto mengatakan, tiga orang meninggal dunia ditempat kejadian, empat orang meninggal di rumah sakit.

''Ada 3 meninggal di TKP, termasuk sopir dari dua bus tersebut, sementara 4 meninggal di rumah sakit,'' kata Kombes Indra Darmawan Iriyanto, Senin (20/6/2022).

Sambung Indra, selain 7 korban tewas, 13 orang mengalami luka-luka. Mereka dirawat di rumah sakit.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, kecelakaan maut itu diduga lantaran bus PMS yang dikemudikan Firdon Sidauruk dari arah Medan menuju Riau tidak berhati-hati saat mendahului, sehingga menabrak bus PMH BK 7116 UD yang melaju dari arah Pekanbaru, Riau menuju Medan, Sumut.

Bus PMS itu disebut berada di jalur kanan dalam kecepatan tinggi sehingga diduga melanggar marka jalan, yakni tanda dilarang mendahului.

''Setelah kami tadi datang ke TKP, cek lokasi dan ke rumah sakit untuk melihat kondisi korban di titik crash atau titik tempat kejadian tabrakan itu terlihat arah bus dari Medan menuju Riau itu berada di lajur kanan dan di situ ada marka yang mengatakan tidak boleh menyalip,'' tutur Indra.

Berikut nama-nama korban meninggal dunia:

1. Mika Rudy Parlindungan L Tobing (33), warga Simundam Utara, Desa Lubuk Terap, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan

2. Fridon Sidauruk (42), sopir bus PMS, warga Jalan Medan, Gang Cinta Damai, Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Pematang Siantar

3. Hendra Siregar (31), sopir bus PMH, Perumahan Pardede, Kecamatan Sunggal, Deliserdang

4. Fery Ardiansyah (20), warga dusun Air Terjun, Kelurahan Paya Tampah, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh

5. Sarah (50), alamat Batu Ampar Riau

6. Sugini (50) alamat Pasar VI Garapan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan

7. MR X, laki-laki, umur lebih 40 tahun, identitas belum diketahui.***