BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir, Riau, Afrizal Sintong meminta jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan sebelum dan saat menunaikan ibadah haji. Selain itu, jemaah juga diharapkan menjaga kekompakan selama menjalankan ibadah.

Hal itu disampaikannya saat menutup manasik haji untuk calon jamaah haji Rohil yang digelar dari 23 sampai 26 Mei 2022 di Bagansiapiapi. 

GoRiau Bupati Rokan Hilir, Afrizal Si
Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong berfoto bersama jemaah calon haji.

Di hadapan 154 orang jemaah calon haji di Gedung Misran Rais, yang terdiri dari 129 jamaah yang pasti berangkat dan 25 orang merupakan jamaah cadangan, Afrizal Sintong menyampailan kata sambutan dan pesannya kepada calon haji Rohil ini.

Afrizal Sintong meminta semua calon haji yang berangkat menunaikan ibadah haji ke Makkah dan Madinah Saudi Arabia untuk menjaga kesehatan dan berlatih fisik dan berolahraga teratur dengan baik. 

GoRiau Bupati Rokan Hilir, Afrizal Si
Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong saat memberi sambutan.

"Persiapkan diri dengan baik, berolahraga, jaga kesehatan, ibadah haji ini menuntut ketahanan fisik dan kesehatan, ingat tetaplah menjaga kesehatan dan kebugaran,'' ajak Afrizal Sintong.

Bupati Rohil ini menambahkan keberangkatan dari Rohil dijadwalkan Juni 2022 mendatang dimana Pemkab memfasilitasi dan membantu sebagaimana biasanya haji-haji yang terdahulu hingga melepaskan keberangkatan dari Rohil.

''Pemkab membantu dan memberikan pelayanan terbaik, mari bersama-sama berdoa agar niat baik ini terlaksana dengan baik,'' ajak Bupati Rohil ini.

''Untuk musim haji 1443 Hijriah atau 2022 ini, nantinya jamaah saat berangkat berkumpul di Ujungtanjung dan dikoordinasikan bersama Kemenag Rohil," sebutnya.

Terpisah Kepala Kantor Kemenag Rohil, H Naini mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Rohil yang memfasilitasi dan membantu keberangkatan jamaah haji Rohil nantinya.

"Kita dan jamaah calon haji berterimakasih atas dukungan Pemkab Rohil terkhusus Bapak Bupati Afrizal Sintong dan Wabup H Sulaiman," aku H Naini.

H Naini menambahkan, Kemenag menyertakan dalam manasik haji baik jamaah yang pasti berangkat maupun cadangan atau masa tunggu keberangkatan.

Salah seorang calon jamaah haji yang tergabung dalam Kloter Rohil Juni 2022 mendatang, H Syafrudin Iput yang juga anggota DPRD Riau mengucapkan tahniah atas dukungan Pemkab Rohil tersebut.

"Kita patut bersyukur, berterimakasih atas pelaksanaan manasik haji atas dukungan dan fasilitasi Pemkab yang menganggarkan pelaksanaan manasik dan bantuan lainnya,'' kata Syafrudin Iput.

"Tadi dalam sambutanya Bupati meminta kita kompak, kita mesti kompak dan mendoakan negeri kita Rohil ini Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur," sebutnya.

Turut hadir dalam acara penutupan manasik haji tahun 2022 di Gedung Misran Rais, Kamis (26/5/2022) tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Rohil Sanimar Afrizal Sintong, Ketua DPRD Rohil Maston, Plt Sekdakab Rohil Ferry Hendra Faria dan undangan lainya.

Pada musim haji tahun 1443 Hijriah atau tahun 2022 ini, jamaah haji asal Rohil berjumlah 129 orang dan usia termuda 21 tahun serta tertua 65 tahun dan diperkirakan berangkat Juni mendatang. ***