BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir, Riau, Afrizal Sintong meminta masyarakat untuk mempopulerkan layang-layang karena merupakan kebudayaan lokal Indonesia. Rohil juga diharapkan bisa menggelar Festival Layang-layang berskala nasional.

Demikian disampaikan Afrizal Sintong saat membuka Festival Layang-layang di Rantau Panjang Kiri, Kecamatan Kubu Babussalam, Minggu (12/12/2021).

Pada kesempatan itu, Afrizal Sintong SIP juga mengisahkan masa kecilnya di sebuah Desa Kecil Sintong, Kecamatan Tanah Putih, dimana masyarakatnya sangat mencintai permainan layang-layang, termasuk dirinya.

"Saya jadi ingat masa kecil dimana ketika bermain layang-layang dengan teman, sampai lupa pulang ke rumah. Masa kecil yang indah betul saat itu,'' kenang Afrizal Sintong.

Menurut Bupati Rohil ini saat ini bermain layang bisa dilakukan malam hari karena layang-layang saat ini sudah ada lampu dan berwarna-warni.

"Ivent ini perlu dilestarikan, jadikan agenda tahunan yang berkesinambungan. Ini merupakan permainan tradisional yang mampu mengundang pencinta layang-layang dari luar Rohil,'' ajaknya.

Festival layang-layang ini diikuti pencinta layang-layang dengan menampilkan berbagai jenis. ''Bantu kami, gali potensi wisata daerah dan bersama-sama kita kembangkan untuk meningkatkan khazanah dan potensi wisata di Rohil ini. Jika perlu jadi tuan rumah festival layang-layang nasional,'' harap Afrizal Sintong.

Pada kesempatan itu, Bupati Rohil, Afrizal Sintong juga menyerahkan bantuan modal kepada 37 orang masyarakat untuk modal membuka usaha di era pandemi Covid-19 saat ini. Bupati juga berkesempatan memberikan santunan untuk anak yatim piatu di kecamatan tersebut serta bersilaturahmi dengan Upika dan masyarakat Kenegerian Kubu. ***