TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau Drs. H. Mursini, MSi telah menandatangani komitmen bersama optimalisasi pengelolaan pengaduan pelayanan publik, Selasa (21/5/2019) di Pekanbaru.

Kegiatan sosialisasi optimalisaso pengelolaan pengaduan pelayanan publik ini diselenggarakan oleh Ombudsman RI bekerjasama dengan Pemprov Riau. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

Usai penandatanganan komitmen bersama ini, Mursini menyatakan pemerintah sebagai pelayanan dituntut kinerjanya, salah satunya pengelolaan terhadap pelayanan publik. Seiring semakin tingginya tingkat kesadaran masyarakat terhadap hak dan kewajibannya.

"Ombusman sebagai lembaga negara yang fokus 'mengawal' pelayanan publik, berkepentingan agar pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat bisa terlaksana dengan baik. Karena itu, ada beberapa hal yang akan kita tindaklanjuti," papar Mursini didampingi Kepala Diskominfoss Samsir Alam.

Ads
Beberapa hal yang jadi perhatian bupati yakni, memperkuat unit layanan pengaduan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan media-media komunikasi lainnya. Kemudian, perkuat sumber daya manusia pengelola pengaduan dengan meningkatkan kompetensi petugas, perkuat regulasi dan kebijakan-kebijakan internal untuk mempermudah pelayanan masyarakat, dan memonitoring secara berkala pelayanan publik.

Pada kegiatan ini, Ombudsman meluncurkan media yang digunakan untuk pengaduan pelayanan publik, yakni aplikasi berbasis SMS ke nomor 1708 dan website lapor.go.id.

"Lapor ini adalah singkatan dari Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat, merupakan sebuah kanal layanan pengaduan yang disediakan pemerintah untuk masyarakat menyampaikan aspirasi dan pengaduan dengan prinsip mudah dan terintegrasi," kata Mursini.

Untuk itu, seluruh pemangku kepentingan di Pemkab Kuansing, Bupati berharap dengan adanya aplikasi ini diharapkan layanan pemerintah kepada masyarakat hendaknya dapat dioptimalkan.

Pada tahun 2018, Kuansing meraih penghargaan peringkat 7 tingkat kepatuhan nasional dari Ombudsman RI. "Semoga, prestasi yang telah kita raih ini dapat ditingkatkan lagi," tutup Mursini.***