TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Proses pelayuran jalur baru Desa Koto Sentajo Kecamatan Sentajo Raya telah usai dilaksanakan. Dimana, pelayuran dilakukan oleh Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada 23 Oktober lalu.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kuansing, H. Sukarmis berhasil mengumpulkan sumbangan senilai Rp142 juta. Uang tersebut digunakan untuk keperluan pembuatan jalur.

"Alhamdulillah, jalur telah usai dilayur dan semoga tidak ada hutang masyarakat kepada tukang," ujar Sukarmis, Minggu (25/10/2015) di Telukkuantan.

Dikatakan Sukarmis, biaya pembuatan jalur sangat tinggi dan masyarakat tidak akan bisa membuatnya tanpa ada bantuan dari pemerintah. "Ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap pelestarian budaya lokal."

Adapun para donatur yang memberikan sumbangan yakni Sekda Muharman, Ketua DPRD Kuansing Andi Putra, Anggota DPRD Kuansing yaitu Andi Nurbai, Adam dan Jhon Ade Nopendra. Tidak hanya itu, para Kepala Dinas, Badan dan Satuan di lingkungan Pemkab Kuansing juga memberikan bantuan.

Begitu juga dengan pegawai yang berasal dari Sentajo ikut berpartisipasi dalam pembuatan jalur ini. Dimana, setiap donatur memberikan sumbangan secara sukarela.

Untuk masyarakat Sentajo, Sukarmis berpesan agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan, supaya jalur yang dibuat bisa menang dan mengharumkan nama Sentajo.

"Kalau tidak bersatu, sampai kapan pun jalur kita tak akan menang. Jalur yang laju dan mendapat nomor satu di setiap iven adalah jalur yang dipacu dengan persatuan dan kesatuan," tutup Sukarmis.***