TEMBILAHAN, GORIAU.COM -Untuk memaksimalkan potensi kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Bupati HM Wardan segera membuat surat edaran agar para pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh Inhi menggunakan minyak kelapa lokal.

Demikian ditegaskan Wardan dalam sambutannya pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Syuhada, Desa Belantaraya Kecamatan Gaung, Selasa (14/1/2014) tadi.

Didampingi Ketua TP PKK Inhil Hj Zulaikha serta beberapa pejabat eselon di lingkungan Pemkab Inhil, kedatangan Bupati disambut antusias masyarakat Desa Belantaraya dan sekitarnya.

Dikatakan Bupati, mayoritas masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir adalah petani kelapa dan umumnya lahan di Indragiri Hilir adalah perkebunan kelapa. Amat sangat disayangkan apabila potensi yang dimiliki ini tidak dapat dimaksimalkan.

''Alhamdulillah harga kelapa sekarang sudah naik. Tugas kita selanjutnya adalah menjaga harga tersebut agar tetap stabil,'' ajak Bupati.

Ditambahkan Bupati, minyak kelapa baik untuk kesehatan karena rendah kolesterol. Sebab itu, banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsumsi minyak kelapa.

''Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Inhil, konsumsi minyak kelapa juga bagus untuk kesehatan,'' ungkap Bupati.

Sebelumnya, Senin (13/1/2014) Bupati dan Wakil Bupati beserta unsur Muspida melakukan kunjungan ke PT Inhil Sari Mas Kelapa di Sungai Sejuk untuk melihat seberapa besar potensi pemanfaatan kelapa petani Inhil.

Harapan Bupati, dapat terjalin koordinasi antara pihak perusahaan, pemerintah daerah serta masyarakat petani kelapa dalam menyalurkan hasil kelapa Inhil.

Sehubungan dengan imbauan tentang mengkonsumsi minyak kelapa, dijelaskan Bupati bahwa ketika mayoritas warga Inhil menggunakan minyak kelapa, maka kebutuhan kelapa juga akan meningkat, dan muaranya tentu saja harga kelapa menjadi lebih baik dan dapat menunjang kesejahteraan.(gus)