TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Sepanjang menjalani tugas sebagai pemimpin di Indragiri Hilir (Inhil), Riau, Bupati, HM Wardan pernah mengalami suatu kejadian yang menurutnya sangat menyayat perasaannya. Adalah sebuah peristiwa saat ia bertemu dengan beberapa bocah di bawah umur yang tertangkap razia Satpol PP.

Meskipun tidak menjelaskan kapan tepatnya hal itu terjadi, Bupati yang dikenal agamis ini mengaku tidak akan pernah melupakan kejadian tersebut.

Ketika suatu malam, dirinya mendapatkan laporan dari Kepala Satpol PP Inhil, TM Saifullah yang mengatakan telah menggelar razia penyakit masyarakat, dan berhasil menjaring beberapa anak perempuan di bawah umur.

Mendengar hal itu, Bupati langsung mendatangi kantor Satpol PP Inhil untuk bertemu langsung dengan sang anak, dan meminta orangtua para anak itu dipanggil agar datang ke kantor yang berada di Jalan Pendidikan Tembilahan tersebut.

''Saya bilang, jangan dipulangkan dulu, suruh orangtuanya datang,'' sebut Bupati saat bercerita dihadapan para orangtua dari siswa siswi saat ia meresmikan SMA di Kecamatan Concong beberapa waktu lalu.

Dan alangkah terkejutnya ia, dimana saat sang ibu datang dengan santainya, dan ketika Bupati menegurnya, ibu tersebut hanya menjawab acuh tak acuh.

''Saya bilang, ibu, kenapa anaknya sampai bergaul seperti ini, terus sang ibu menjawab, Pak kalau anak saya tidak seperti itu, saya gak punya apa-apa, ini aja semua emas yang saya pake, dia yang beliin,'' cerita Bupati penuh haru.

Mendengar hal tersebut, Bupati mengaku seperti tersambar petir di siang bolong, ia tidak habis pikir, bagaimana mungkin, kata-kata seperti itu bisa keluar dari mulut seorang ibu yang seharusnya menuntut anaknya menjadi orang yang berbudi luhur.

''Saya tidak menyangka, bisa mendengar hal seperti itu,'' teruskannya.

Dari kejadian itu, ia kemudian menitip pesan kepada orangtua yang hadir, agar selalu menjaga putri dan putri masing-masing, agar jangan sampai terjerumus ke lembah kenistaan yang bisa merusak masa depan para penerus Negeri ini.

''Jaga benar-benar anak-anak kita, jangan sampai lengah, saat ini pergaulan sudah semakin parah. Untuk mengantisipasi hal ini, saya juga sudah minta Satpol PP untuk menggelar razia rutin, terutama ketika magrib, anak-anak yang dijalan, kita suruh ke Masjid untuk ikut Magrib Mengaji,'' tukas HM Wardan.(adv)