BUKITBATU, GORIAU.COM - Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh membuka Musabaqah Tilawatil Quran XXIV tingkat Kecamatan Bukitbatu yang dipusatkan di halaman Kantor Kepala Desa Bukit Batu, Jumat (22/3/2013). Pembukaan berlangsung meriah meski lapangan cukup becek akibat hujan. Warga Kecamatan Bukitbatu tampak antusias menghadiri acara pembukaan.

Dalam pengarahannya Bupati mengatakan bahwa pelaksanaan MTQ merupakan media dakwah membumikan Alquran dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu sebagai ajang pembinaan Alquran.

”Jika kita menyimak lebih dalam, perhelatan MTQ bukan hanya sekedar kegiatan tahunan untuk perlombaan seni baca Alquran dengan tujuan meraih gelar juara. Namun jauh dari itu, tujuan hakiki kegiatan islami ini semata-mata untuk mendekatkan umat kepada nilai-nilai Alquran dan untuk meningkatkan kualitas keimanan dan keislaman kita bersama,” ungkap Bupati.

Hadir pada acara pembukaan, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Hj Romaini Herliyan, anggota DPRD Bengkalis Dapil Bukitbatu, pejabat eselon II dan III, Camat Bantan Bukitbatu Andris Wasono, Camat Siak Kecil Syafruddin dan tokoh masyarakat.

Bupati berharap melalui pelaksanaan MTQ mampu menjadi penyaring terhadap aspek-aspek negatif yang ditimbulkan oleh perkembangan zaman. Karena saat ini, kita sangat prihatin terhadap pengaruh negatif yang menjangkiti sebagian generasi muda, seperti narkoba, kenakalan remaja, minuman keras, pergaulan bebas bahkan judi.

“Untuk itu, kita punya tanggungjawab besar untuk menghadang pengaruh-pengaruh negatif tersebut, salah satunya melalui upaya mendekatkan diri dengan Alquran,” ungkap Bupati.

MTQ tingkat Kecamatan Bukitbatu diikuti 15 kafilah. Selain perwakilan desa dan kelurahan juga diikuti SLTP sederajat dan SLTA sederajat di Kecamatan Bukit Batu.

Adapun cabang yang dipertandingkan antara lain Tartil diikuti 30 peserta, Tilawah anak-anak 30, Tilawah remaja 30 peserta, cabang tilawah dewasa 30 peserta, Fahmil 22 regu, Syarhil 23 regu dan Khattil 65. Jumlah peserta yang ambil bagian sebanyak 320 peserta

Sebelum malam pembukaan sore harinya dilaksanakan pawai takruf yang diikuti 4.000 peserta dan malam hiburan rakyat bertemakan religi.

Dalam membumikan Alquran, Pemkab Bengkalis tak bosan-bosan menghimbau seluruh umat Islam untuk terus menyemarakan budaya maghrib mengaji. Perlu saya garis bawahi, selama ini persepsi tentang budaya maghrib mengaji seakan hanya untuk anak-anak kita yang masih duduk di bangku sekolah dasar. sedangkan anak kita yang sudah smp, sma, kuliah bahkan orang tua, mulai jarang membaca al-quran usai shalat maghrib. padahal, program magrib mengaji ini ditujukan untuk seluruh umat islam tanpa memandang usia, tingkat pendidikan maupun kedudukan.

Bupati mengajak masyarakat mulai mengubah cara pandang tentang budaya maghrib mengaji, menjadi budaya keluarga maghrib mengaji. Alangkah indahnya, jika di rumah-rumah umat Islam setiap maghrib terdengar lantunan Alquran yang dibacakan oleh seluruh anggota keluarga.

“Hal ini harus menjadi perhatian bersama, agar maghrib mengaji bukan hanya untuk anak kita yang masih duduk di sekolah dasar, tapi menjadi tanggungjawab seluruh keluarga umat Islam,” tandasnya.

Tantangan menggelorakan budaya maghrib mengaji ini sangat besar, diantaranya pengaruh perkembangan dunia teknologi dan informasi, khususnya televisi. berbagai tayangan seakan sengaja ditampilkan selepas maghrib, sehingga perhatian semua orang fokus pada televisi. untuk itu, butuh kerja keras dan komitmen bersama menangkal pengaruh televisi tersebut

“Saya yakin hingga saat ini rumah tangga di Kecamatan Bukitbatu tetap konsisten menggalakkan budaya maghrib mengaji. meskipun demikian tidak salahnya, saya kembali mengingatkan agar masyarakat tetap melestarikan budaya maghrib mengaji dan satu jam tanpa televisi pada saat maghrib.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug dan kentongan oleh Bupati didampingi anggota DPRD dan Camat Bukitbatu. Sementara Camat Bukitbatu, Andris Wasono mengatakan daerah yang dipimpinnya siap menjadi tuan rumah MTQ Tingkat Kabupaten Bengkalis 2013. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pertamina UP II Sei Pakning telah membantu seperti lighting dan sound system. (jfk)