BENGKULU - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali membuka secara langsung Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera yang dilaksanakan di Stadion Semarak Provinsi Bengkulu, Sabtu (2/11/2019).

Dalam sambutannya, Zainudin mengatakan, bahwa olahraga merupakan salah satu bentuk dsri pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia.

"Olahraga merupakan salah satu cara mengembangkan SDM. Dengan olahraga, kita akan sehat, bugar dan berprestasi," kata Zainudin.

Selain sebagai sarana pengembangan diri, imbuh Zainudin, olahraga juga salah satu sarana pemersatu hubungan antar daerah.

"Olahraga juga sebagai pemersatu kita, untuk itu kami sampaikan apresiasi kepada KONI yang telah menggagas kegiatan seperti ini," tambahnya.

Sebelum menutup sambutannya, Menpora juga memohon kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada di Pulau Sumatera untuk mendoakan agar Indonesia terpilih menjadi penyelenggara piala sepakbola U-20 tahun 2020.

"Selamat bertanding, semoga semuanya dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Serta menghasilkan prestasi atlet yang akan bertanding pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang," tutupnya

Untuk diketahui, pelaksanaan Porwil X Sumatera di Bengkulu ini diikuti oleh 1.526 atlet dari seluruh provinsi yang ada di Sumatera. Diantaranya seperti Provinsi Aceh sekitar 113 atlet, Lampung sekitar 149 atlet, Bangka Belitung 122 atlet, Kepulauan Riau 133 atlet, Bengkulu 183 atlet.

Lalu, Sumatera Utara sekitar 160 atlet, Sumatera Barat 169 atlet, Sumatera Selatan 154 atlet, Jambi sekitar 177 atlet, dan dari Riau sekitar 166 atlet.***