SELATPANJANG, GORIAU.COM - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kepulauan Meranti, Rabu (3/9/2014) pagi menyerahkan 1000 sertifikat tanah gratis melalui proyek nasional agraria (Prona). 1000 sertifikat ini tersebar di tujuh desa dari dua kecamatan Kepulauan Meranti, Riau.


Penyerahan 1000 sertifikat ini dilakukan secara simbolis saat berlangsungnya acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) di Kelurahan Teluk Belitung Kecamatan Merbau.
Dalam sambutannya, Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, mengatakan Prona dilaksanakan secara terpadu dan ditujukan bagi segenap lapisan masyarakat dan untuk menyelesaikan secara tuntas terhadap sengketa tanah yang bersifat strategis. Selain itu, biaya Prona seluruhnya dibebankan dalam APBN pada alokasi Dipa BPN RI.
1000 sertifikat tanah gratis melalui Prona itu tersebar di tujuh desa di dua kecamatan yakni merbau sebanyak 600 sertifikat untuk dua desa yaitu Bagan Melibur 200 sertifikat dan Teluk Belitung 400 sertifikat.
Selain itu, 400 sertifikat juga dibagikan ke Kecamatan Tebing Tinggi Barat yaitu di Desa Alai 75 sertifikat, Desa Alai Selatan 25 sertifikat, Desa Maini Darul Aman 150 sertifikat, Desa Mengkikip 100 sertifikat, dan Desa Mekong 50 sertifikat.
Penyerahan itu dilakukan oleh Kepala BPN Meranti Suwandi, Bupati Irwan, secara simbolis ke Kelurahan Teluk Belitung 10 orang, Desa Bagan Melibur 10 orang, Desa Mengkikip 5 orang, Desa Maini Darul Aman 4 orang, Desa Alai 5 orang.(zal)