PEKANBARU - Bantuan langsung tunai (BLT) bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tahun 2022 diperkirakan masih ada. Hal ini seperti disampaikan Kepala Dimas Koperasi dan UMKM Kota Pekanbaru, Sarbaini, Kamis (13/1/2022).

"Insya Allah masih ada. Tetapi anggarannya belum bisa kita gunakan," ujarnya.

Menurutnya, Pemko Pekanbaru belum bisa memastikan berapa jumlah penerima bantuan itu di Kota Pekanbaru. Saat ini, teknis penyaluran bantuan itu masih dalam pembahasan.

"Kita bicarakan dalam rapat. Teknis seperti biasa tetap diajukan, besarannya kita tengok di dalam anggaran tahun ini," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan data tahun sebelumnya, ada 4.593 pelaku UMKM yang mendapatkan bantuan tunai ini. Dimana, masing-masing mendapatkan sebesar Rp1.200.000.

BLT ini dimaksudkan untuk pemulihan ekonomi nasional yang menyasar pelaku UMKM, saat menghadapi pandemi Covid-19. Bantuan langsung di transfer ke rekening masing-masing pelaku UMKM.

Instansi terkait itu melakukan pendataan langsung ke pelaku UMKM yang terdampak (pandemi Covid-19), kemudian mengimbau melalui media, melalui Grup WA, dan organisasi-organisasi UMKM, meminta kepada mereka untuk bisa mendapatkan bantuan dari presiden, BPUM dari pusat. ***