YERUSALEM – Tindakan biadab dilakukan polisi Israel terhadap para pelayat yang mengantarkan jenazah Shireen Abu Akleh melalui Yerusalem dari rumah sakit ke tempat pemakamannya, Jumat (13/5/2022). Polisi menyerang para pelayat itu secara brutal.

Dikutip dari Sindonews.com yang melansir Al Araby, tongkat baton, gas air mata, dan kuda digunakan polisi Israel untuk menyerang para pelayat.

Tembakan dan jeritan terdengar dalam siaran langsung pemakaman saat pengusung jenazah berjuang untuk menjaga peti mati tetap tegak seperti dikutip dari Al Araby.

Jurnalis senior Al Jazeera, Shireen Abu Akleh (51) ditembak mati oleh pasukan Israel saat meliput serangan di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat pada hari Rabu lalu, meskipun telah mengenakan rompi pers yang dengan jelas mengidentifikasi dia sebagai jurnalis.

Kematiannya telah mengejutkan Palestina dan memicu hujan kritik global terkait penargetan Israel terhadap jurnalis.

Ribuan pelayat Palestina diperkirakan akan memberikan penghormatan terakhir kepada jurnalis terkenal itu selama pemakamannya di Kota Tua pada hari Jumat.

Israel telah membatasi jumlah peserta upacara pemakaman hingga 50 orang dan melarang pengibaran bendera Palestina serta nyanyian, mengancam akan membubarkan pelayat jika tuntutan ini tidak dipenuhi.

Diperkirakan bahwa orang-orang Palestina akan menolak untuk mematuhi seruan Israel ini, menurut situs Al-Jadeed, mengutip direktur Klub Tahanan Palestina di Yerusalem Nasser Qaws. Lusinan rekan Abu Akleh akan berkabung saat dia mengenakan jaket pers seperti yang dikenakan reporter terkenal ketika dia terbunuh, kata seorang jurnalis Yerusalem.

Rombongan dari mereka akan membawa jenazahnya dari gereja Katolik di mana misa pemakamannya akan diadakan ke Pemakaman Gunung Sion di pinggiran Kota Tua untuk dimakamkan di sebelah orang tuanya.

Menurut radio Israel polisi Israel telah ditempatkan dalam status siaga tinggi di Yerusalem. Ratusan petugas intelijen dan polisi berpakaian preman telah dikerahkan dan sumber-sumber lokal mengatakan pos pemeriksaan telah dipasang di dekat Kota Tua. Pemakaman Abu Akleh akan dimulai sekitar pukul 14:15 waktu setempat, menurut koresponden senior asing Inggris Al Jazeera Stefanie Dekker.

Persiapan pemakaman dilakukan ketika saudara laki-laki jurnalis yang terbunuh, Anton Abu Akleh, dipanggil untuk diinterogasi oleh polisi Israel di pemukiman Neve Yaakov di Yerusalem Timur pada Kamis sore, kata sumber yang dekat dengan keluarga tersebut.

Anton diperingatkan oleh intelijen Israel untuk tidak mengibarkan bendera Palestina atau bernyanyi di pemakaman. Pada hari Kamis, polisi Israel merobek bendera Palestina di luar rumah keluarganya dan menyerang para pelayat dan menahan dua orang.

Anggota parlemen Palestina dari Israel Osama Saadi dan Ahmad Tibi menemani Anton Abu Akleh selama penyelidikan.

Di Jenin, di mana reporter terkenal itu ditembak mati, pasukan Israel menembakkan rudal ke sebuah rumah pada hari Jumat, menurut kantor berita resmi Palestina Wafa.

Sepuluh atau lebih pemuda Palestina terluka, kata sumber, termasuk Daoud al-Zubaidi, yang terkena di perut dengan tembakan langsung, kata stasiun Al-Araby TV, outlet media yang berafiliasi dengan The New Arab.

Al Jazeera melaporkan sebuah rumah sakit Jenin mengatakan dia terluka parah. Saudaranya, Zakaria Al-Zubaidi, adalah salah satu dari enam tahanan Palestina yang melarikan diri dari Penjara Gilboa dengan keamanan maksimum Israel pada bulan September sebelum akhirnya ditangkap kembali.

Pasukan Israel di Jenin juga menyerbu lokasi di mana mereka membunuh Abu Akleh awal pekan ini, lapor Al-Jadeed.***