TELUKKUANTAN – DPRD Riau mengapresiasi keberhasilan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Singingi atas penangkapan alat berat yang merambah Hutan Lindung Bukit Betabuh. DPRD Riau berharap, KPH Singingi terus melakukan pengawasan di kawasan hutan lindung.

Hal itu disampaikan Marwan Yohanis, Anggota DPRD Riau, Selasa (14/6/2022) pagi, menanggapi penangkapan alat berat oleh KPH Singingi.

"Patut diapresiasi pribadi Kepala KPH Singingi dan institusinya yang berhasil menangkap alat berat di kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh. Ini bukti, kalau pihak berwenang ingin melakukan penindakan tegas, bisa," ujar Marwan.

Saat ini, kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh semakin sedikit. Karena itu, Marwan meminta DLHK Riau dan pihak berwenang terkait untuk konsisten dalam melakukan pengawasan.

"Pengawasan harus dilakukan secara kontiniu, tidak hanya sesaat. Kendati lahan sedikit, kira harus bisa mempertahankan kawasan yang ada," ujar Marwan.

Dikatakan Marwan, hutan merupakan paru-paru dunia yang menghasilkan oksigen. Kemudian, keberadaan hutan juga sebagai penyangga keseimbangan.

"Hutan harus tetap dijaga, agar fungsinya berjalan dengan baik. Jika sudah, maka keseimbangan kehidupan akan terwujud. Tidak akan ada bencana seperti banjir dan longsor," ujar Marwan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, KPH Singingi berhasil menangkap alat berat di kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh, tepatnya di Desa Air Buluh, Kecamatan Kuantan Mudik pada Ahad (12/6/2022). Kini, alat berat tersebut dititipkan di Mapolres Kuansing.***