PEKANBARU – Gubernur Riau Syamsuar yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Riau Bobby Rahmat mendatangi Kantor Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Maksud dari kedatangan Syamsuar dan Bobby adalah untuk mengajukan Provinsi Riau menjadi tuan rumah peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang akan digelar 9 September 2022.

Kedatangan Syamsuar dan juga Bobby Rahmat ini langsung disambut oleh Kemenpora, Zainuddin Amali.

"Menpora mengapresiasi apa yang sudah disampaikan Pak Gubernur terkait keinginan menjadi tuan rumah Haornas tahun ini," ucap Bobby, Jumat (13/5/2022).

Bobby juga menjelaskan sejatinya sebelum Riau mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah, sudah ada beberapa provinsi lainnya yang ingin menjadi tuan rumah.

Namun, Menpora akan mempertimbangkan dan akan melihat mana yang paling memungkinkan untuk siapa yang bakal menjadi tuan rumah.

"Gubri juga menyampaikan Riau siap mendukung paradigma baru olahraga dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan siap mendukung implementasinya di Riau," terangnya.

Dia pun berharap agar cabang olahraga Dayung masuk di dalam DBON. Pasalnya, banyak atlet Riau berprestasi di tingkat internasional dari cabor dayung dan meraih emas.

"Kita mengusulkan kiranya olahraga dayung ini termasuk DBON," jelasnya.

Di dalam pertemuan itu, Zainuddin Amali meminta Pemprov Riau untuk fokus melakukan pembinaan pada cabang-cabang olahraga yang banyak nomor pertandingan.

saat ini ada SMA Olahraga dan Pusat Pendidikan dan Olahraga Pelajar (PPLP) yang ke depan diharapkan dapat terintegrasi dengan fokus cabang olahraga prioritas DBON dan ditambah cabang olahraga potensial daerah seperti sepaktakraw dan anggar.

"Pembinaan atlet pelajar melalui adanya sekolah keberbakatan olahraga (SKO ) yang menjadi kewenangan provinsi,'' tutupnya. ***