JAKARTA, GORIAU.COM- Bersama sejumlah Kepala Daerah di Indonesia, Bupati Bengkalis H Herliyan Saleh, Rabu (29/4/2015) mengikuti Musyawarah Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2015.

Musrenbangnas 2015 yang dilaksanakan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2016 itu dilaksanakan di Birawa Room Hotel Bidakara Jakarta dan diikuti sekitar 2000 peserta itu, dibuka secara resmi Presiden Joko Widodo.

Bupati mengatakan, dalam rangka mendukung visi, misi dan 9 agenda prioritas nasional (Nawacita) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015-2019, terdapat beberapa kegiatan strategis yang diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis agar dapat diakomidir dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

''Kegiatan-kegiatan strategis yang diusulkan Pemkab Bengkalis melalui sejumlah kementerian/lembaga itu, sesuai dengan prioritas dalam Nawacita. Baik dalam konteks sektoral maupun kewilayahan. Kita berharap usulan itu diakomodir Pemerintah Pusat,'' jelas Herliyan.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Humas Johansyah Syafri, di bagian lain Herliyan mengatakan, sudah menugaskan Kepala Bappeda dan seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah terkait, untuk terus membangunan komunikasi yang baik dengan pemangku kepentingan terkait, agar kegiatan-kegiatan strategis yang diusulkan itu diterima.

Sementara itu berdasarkan informasi yang diperoleh dari Bappeda Bengkalis, Johan menjelaskan, ada 123 kegiatan strategis yang diusulkan Pemkab Bengkalis. Sesuai tema Musrenbangnas 2015, yaitu Mempercepat Pembangunan Infrastruktur untuk meletakkan pondasi pembangunan yang berkualitas, imbuh Johan, kegiatan-kegiatan strategis yang diiusulkan Pemkab Bengkalis umumnya memang untuk percepatan pembangunan dan tersediannya infrastruktur di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Adapun pembangunan infrastruktur yang diusulkan itu, jelas Johan, diantaranya peningkatan jalan Simpang Geroga-Simpang Bangko di Kecamatan Mandau sepanjang 19.800 meter dengan anggaran Rp45 miliar serta pembangunan dan rehabilitasi jaringan jalan poros Kecamatan Bantan, Rupat Utara dan Bukit Batu sebanyak 6 paket dengan anggaran Rp50 miliar.

Selanjutnya, peningkatan Jalan Jenderal Sudirman Duri Kecamatan Mandau sepanjang 3.500 meter dengan alokasi anggaran Rp13 miliar dan Jalan Gajah Mada Km 21-Simpang Intan Kecamatan Pinggir sepanjang 20.000 meter dengan anggaran Rp50 miliar.

Masih kata Johan, pembangunan pasar tradisional Kecamatan Mandau sebanyak 1 unit dengan anggaran Rp25 miliar juga merupakan salah satu kegiatan yang diusulkan Pemkab Bengkalis pada Musrenbangnas 2015.

Kata Johan, dalam mengikuti Musrenbangnas 2015 yang berlangsung sehari tersebut, Bupati didampingi Kepala Bappeda Bengkalis yang diwakiliki Sekretaris Bappeda H Imam Hakim. (ail)