KALLANGKinerja mengkilap petenis putri Indonesia, Beatrice Gumulya (28 tahun) terus berlanjut hingga babak kedua tunggal turnamen seri ITF World Tennis Tour di Kallang Tennis Centre Singapura, Kamis (16/5).

Peringkat 692 WTA itu berhasil melaju ke perempat final setelah menumpas perlawanan unggulan ketiga, Rutuja Bhosale (India). Bea menang atas lawan yang bercokol di posisi ke-371 dunia itu melalui laga rubber set dengan skor akhir 1-6 6-4 6-1.

“Set pertama, saya banyak mati sendiri sedangkan lawan malah banyak dapat winner ,” ucap Bea usai melakoni pertandingan berdurasi dua jam 22 menit itu.

“Di set kedua, saya mengubah taktik dengan memaksakan lebih banyak rally yang menguras stamina lawan,” lanjutnya.

Di perempat final, Jumat (17/5/2019), Bea kembali menghadapi petenis India, Riya Bhatia. Di babak kedua, seeded ke delapan berperingkat 515 dunia itu menyisihkan wakil Rumania, Andreea Ghitescu 7-6(1) 6-4.

Kegemilangan Bea pun berlanjut di nomor ganda. Berpasangan dengan Jessy Rompies, unggulan teratas turnamen berhadiah total 25.000 dollar AS ini sukses melangkah ke babak empat besar. Duet yang bakal menjadi tumpuan Merah Putih di SEA Games 2019 Filipina itu membekap pasangan gado-gado, Andreea Ghitescu (Rumania)/Catherine Harrison (AS). Bea/Echi unggul straight set 6-3 6-4.

“Bersyukur bisa lolos semi final ganda, karena baik saya maupun Echi harus melewati pertandingan panjang di nomor tunggal.” tutur Bea yang pekan lalu mengangkat trophy juara ganda Luan W60 di Tiongkok bersama petenis tuan rumah, Xiaodi You.

Indonesia juga meloloskan Aldila Sutjiadi di semi final ganda Singapore W25 ini. Duet Aldila/Paige Hourigan (Selandia Baru) yang menempati posisi unggulan kedua memenangi partai perempat final atas Emily Appleton (Inggris)/Eudice Chong (Hongkong) 6-4 6-2.

Hasil Kamis (16/5/2019)

Babak Kedua Tunggal

Beatrice Gumulya v 3-Rutuja Bhosale (India) 1-6 6-4 6-1

Chompoothip Jundakate (Thailand) v Jessy Rompies 5-7 6-4 6-4

Perempat Final Ganda

1-Beatrice Gumulya/Jessy Rompies v Andreea Ghitescu (Rumania)/Catherine Harrison (AS) 6-3 6-4

2-Aldila Sutjiadi/Paige Hourigan (Selandia Baru) v Emily Appleton (Inggris) /Eudice Chong (Hongkong) 6-4 6-2

Jadwal Jumat (17/5)

Perempat Final Tunggal

Beatrice Gumulya v 8-Riya Bhatia (India)

Semi Final Ganda

1-Beatrice Gumulya/Jessy Rompies v 4-Jacqueline Cako (AS)/Ipek Soylu (Turki)

2-Aldila Sutjiadi/Paige Hourigan (Selandia Baru) v 3-Rutuja Bhosale (India) /Abigail Tere Apisah (Papua Nuigini). ***