TELUKKUANTAN – Harga cabai merah di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau langsung meroket pasca kenaikan bahan bakar minyak (BBM) subsidi. Begitu juga dengan komoditi lain, seperti telur ayam yang juga mengalami kenaikan.

Dari pantauan GoRiau.com di Pasar Tradisional Berbasis Modern Telukkuantan, Ahad (4/9/2022) pagi, harga cabai merah mencapai Rp95 ribu per Kg.

Sementara itu, pada Rabu, 31 Agustus 2022, hasil pantauan dari Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kuansing, harga cabai merah adalah Rp70 ribu per Kg. Dengan demikian, harga cabai melonjak senilai Rp25 ribu.

"Langsung naik drastis harga sembako, beras sudah sejak seminggu lalu naiknya. Sekarang cabai naik lagi. Padahal sempat turun pada Rabu lalu," ujar Sumi, warga Telukkuantan yang sedang berbelanja di Pasar Tradisional Berbasis Modern.

Karena harga cabai melonjak, warga Kuansing tidak sanggup membeli satu Kg. Namun, mereka hanya membeli sebanyak seperempat Kg dengan harga Rp25 ribu.

Komoditi lain yang mengalami kenaikan adalah telor ayam. Telor ayam ras mengalami kenaikan sebesar Rp3 ribu per Kg, dari Rp27 ribu per Kg menjadi Rp30 ribu per Kg.

Seperti yang diberitakan, BBM subsidi mengalami kenaikan pada Sabtu, 3 September 2022. Dimana, pertamax92 dari Rp13 ribu per liter menjadi Rp15.200 per liter.

Kemudian, pertalite dari harga Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter. Selanjutnya, bio solar dari harga Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter.***