TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Meskipun peserta lain adalah industri-industri yang memiliki CV atau perusahaan sendiri, namun Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Inhil yang bernama Gugus Kendali Mutu (GKM) Berlian tidak kalah hebatnya.

Terbukti, dalam Konvensi GKM se Provinsi Riau yang ditaja di Pekanbaru, 14 hingga 16 Oktober lalu itu, dan diikuti seluruh Kabupaten Kota di Riau, GKM Berlian meraih juara ke-2.

Ketua GKM Berlian, Nurlela Wati yang saat konvensi didampingi Sekretaris, Misariani dan anggota yang terdiri dari Cahidir Adam dan fasilitator, Totok Subagio, kepada GoRiau.com, Rabu (21/10/2015) menjelaskan, dalam ajang tersebut, pihaknya mendemonstrasikan tentang permasalahan dalam membuat keripik pisang.

''Dalam kegiatan itu, kita diminta menjelaskan apa masalah yang kita temui dalam pembuatan produk kita itu, dan saya mengangkat terkait ketebalan pembuatan keripik pisang,'' jelas wanita yang akrab disapa Inoy ini.

Jika pisang dibuat terlalu tebal, dikatakan Inoy tidak renyah saat dimakan, namun jika terlalu tipis, akan hancur jika digoreng.

Untuk itu, di hadapan para juri, dirinya memperkenalkan alat yang dapat membuat ukuran ketebalan itu pas sehingga bentuk dan rasa dari keripik pisang tetap berkualitas.

''Selain memaparkan masalah, kita juga memberikan solusi,'' tambahnya.

Tidak diduga, dikatakan Inoy para dewan juri terkesan dengan apa yang dipaparkannya, sehingga dapatlah mereka meraih juara ke-2 yang mana untuk juara 1 dan 3 diraih oleh kota Pekanbaru.

''Padahal lawan kita industri-industri yang sudah ada cv bahkan perusahaan, tapi Alhamdulillah kami bisa menyuguhkan yang terbaik,'' cetusnya.

Dengan ini, dikatakan Inoy, dirinya maupun IKM lainnya yang ada di Inhil berharap agar pemerintah lebih memberikan perhatian penuh, agar IKM tidak hanya tempat bagi ibu-ibu rumah tangga menambah penghasilan, namun juga tempat berkreativitas yang akhirnya dapat mengharumkan nama Negeri Seribu Parit ini.

''Kita juga ingin bisa mewakili Inhil ke ranah yang lebih tinggi, semoga saja, dengan menang kali ini, dapat memberikan kami tambahan pengetahuan dan terus berupaya agar kedepan jauh lebih baik lagi,'' harapnya.

Sementara itu, Kadisperindag Inhil, Pahrolrozy mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang telah diraih IKM binaan Disperindag itu.

Apa yang telah diraih ini, dikatakan Pahrolrozy harusnya dapat menggugah IKM lainnya di Inhil agar terus memodifikasi dan menciptakan makanan-makanan yang bermutu dan berkualitas untuk dinikmati.

''Terus tingkatkan kemampuan, agar nantinya dapat kembali mengikuti kegiatan yang lainnya, dan dapat kembali meraih prestasi yang membanggakan,'' tukas Pahrolrozy.(ayu)