PEKANBARU - Bank Riau Kepri kembali mendapat penghargaan sangat bagus atau excellent dalam kategori Aset Rp.25 Triliun ke atas dari Infobank Award 2021. Penghargaan tersebut diserahkan langsung secara virtual via zoom meeting oleh Infobank di Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri Lt.5, Selasa (7/9/2021).

Pada kesempatan tersebut juga diadakan seminar bertajuk "Leading In Unprecedented time: Tantangan setelah relaksasi restrukturisasi kredit berakhir".

Chairman Infobank Institute, Eko B Supriyanto dalam kesempatan itu menyampaikan penghargaan 'excellent' ini adalah tanda masih tingginya kepercayaan masyarakat terhadap institusi perbankan. Untuk itu, institusi perbankan perlu menjaga kepercayaan ini melalui Good Corporate Governance dan pelayanan yang efesien.

"Kita melihat sekarang perbankan masih menjadi pilar utama masyarakat dalam mengelola uang mereka. Institusi perbankan perlu meningkatkan integritasnya dengan penerapan GCG dan pelayanan yang semakin efisien kedepannya," kata Eko dalam sambutannya.

Pemberian penghargaan infobank award 2021 ini didasarkan pada rating 109 bank yang dikeluarkan oleh Biro Riset Infobank. Rating yang diolah berdasarkan kinerja tahun 2020 menerapkan tujuh kriteria dalam melakukan penilaian terhadap lembaga perbankan.

Ketujuh kriteria itu, antara lain peringkat profil manajemen resiko, peringkat nilai GCG, permodalan, kualitas aset, rentabilitas, likuiditas dan efesiensi.

"Kriteria penilaian yang digunakan Biro Riset Infobank lebih berat daripada kriteria yang digunakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika penilaian kesehatan bank versi regulator mengacu pada profil risiko, GCG, rentabilitas dan permodalan, maka Biro Riset Infobank menambah kriteria lainnya, yakni efisiensi dan pertumbuhan," sebut Eko lagi.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Riau Kepri, Dr Andi Buchari mengatakan, penghargaan predikat sangat baik 'exellent' ini merupakan bukti nyata bahwa Bank Riau Kepri masih menjadi bank kepercayaan masyarakat Riau dan Kepulauan Riau.

"Alhamdulillah tahun ini kita kembali meraih predikat 'Exellent' untuk kinerja tahun 2020 dari Infobank Award 2021. Predikat yang sama juga diraih Bank Riau Kepri pada kinerja tahun 2017, 2018 dan 2019 lalu, Selain masih tingginya kepercayaan masyarakat kepada Bank Riau Kepri dalam mengelola keuangan, prestasi ini juga berkat kerjasama seluruh stakeholder dan segenap insan Bank Riau Kepri," kata Andi Buchari.

Prestasi yang membanggakan bagi bank berlogo tiga layar terkembang ini tentunya akan menjadi semangat bagi Bank Riau Kepri Konversi menuju Bank Umum Syariah. Dan juga menjadi kebanggaan bagi Provinsi Riau dan Provinsi Kepulauan Riau yang sejak awal sangat mensupport Bank Riau Kepri konversi menjadi syariah.

"Prosesnya tinggal sedikit lagi, dan InsyaAllah setelah itu Bank Riau Kepri akan menjadi Bank Umum Syariah. Mohon dukungan dan doa dari semua pihak agar proses ini segera rampung," tutur pria bergelar Doktor bidang Strategic Finance dari Sekolah Bisnis IPB University.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pemimpin Divisi Sekper Wahyudi Gustiawan, Pemimpin Bagian Investor Relation Burhan. ***